Home / iniEven / Pertama Kali Balikpapan Jadi Tuan Rumah Pekan Budaya India

Pertama Kali Balikpapan Jadi Tuan Rumah Pekan Budaya India

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com- Selama sepekan masyarakat Balikpapan akan dihibur dengan beraram budaya India mulai dari kuliner, tarian, film, yoga hingga foto eksibisi budaya India yang dirangkum dalam Pekan Budaya India 9-16 Februari 2019.

Pembukaan resmi kegiatan ini ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud bersama pelaksana tugas Dubes India untuk Indonesia Prakash Gufta, disaksikan pengusaha India, pelaku usaha Balikpapan, kepala Bappeda, Kepala Disporapar, Plt Kadis Perdagangan,  di Restoran Novotel, Sabtu malam (9/2/2019)

Plt Dubes India untuk Indonesia Prakash Gufta menjelaskan kegiatan ini juga bertepatan dengan tahun ke 70 kerjasama India dengan Pemerintah Indonesia. Dan pecan kebudayaan India di Balikpapan ini merupakan pertama kali.

“Even ini diadakan karena pihaknya menepati janji tahun lalu dengan wali kota untuk menyampaikan top 5 citarasaterbaik di Indonesia yakni kulinernya, film, yoga, foto eksibisi dan tarian bolywood,”bebernya.

Pada kesempatan itu, Prakash juga memperkenalkan delegasi India dan bisnis India terutama yang bekerja di batu bara dan minyak. “Mereka merupakan patner kami dalam even ini,” ujarnya.

Dia juga mengundang media untuk setiap harinya mengikuti rangkaian acara budaya India untuk disamapikan mengenai cita rasa India.

Rahmad Mas’ud dalam sambutan mewakili wali kota mengatakan kegiatan festival kuliner India merupakan momen yang mengembirakan karena saling mengenal dan menjalin persahabatan serta menikmati aneka kuliner India.

“Saya merasa tersanjung dengan keputusan kedutaan India memilih Balikpapan dalam festival kuliner India dan budaya India.  Ini bentuk kerjasmaa dalam melestarikan budaya India,” ucapnya.

Menurutnya Balikpapan memiliki banyak kemiripan yakni beragam adat budaya, kuliner sehingga tepat bila India dan Balikpapan memperkenalkan keragamannya.

“Balikpapan merupakan daerah terbuka dan banyak keturunan India yang tinggal di Balikpapan. mereka  dikenal gigih dan tekun dalam bisnis. Mereka juga masih melakukan ritual asal negeri dengan aman dan nyaman di Balikpapan,” tuturnya.

Untuk Festival makanan India, Kedutaan Besar India bekerjasama dengan Novotel Balikpapan. Pihak hotel menyajikan masakan India yang lezat saat sajian makan pagu. Festival makanan akan tetap berlangsung hingga 15 Februari 2018 di Hotel Novotel Balikpapan. Seorang koki India telah dikerahkan khusus untuk menyiapkan hidangan India otentik, kari, dan manisan. Makanan India dikenal dunia karena aromanya yang kaya, rasanya dan berbagai variasi serta tersedia untuk pecinta makanan Balikpapan.

Kedutaan Besar juga menyelenggarakan “Pertunjukan Tari Budaya India” pada tanggal 10 Februari sore di Plaza Balikpapan pada jam 11.00 dan pada malam hari di Dome dari jam 1800. Program ini akan menampilkan berbagai macam lagu tari kontemporer India dengan campuran lagu-lagu film populer, musik klasik, tarian Bollywood dan pertunjukan budaya.

Selain itu, pameran foto khusus tentang “Monumen Islam India” di Plaza Balikpapan dari 10-16 Februari dan pameran foto tersebut menampilkan Warisan Islam bersama antara India dan Indonesia.

Selain itu juga digelar Festival Film India diadakan 10-16 Februari di Plaza Balikpapan pada 10 Februari sebagai pembukaan, dan berlanjut dari 11-16 Februari di Gedung Kesenian Balikpapan.

Dalam festival film selama seminggu ini, Kedutaan Besar sedang menayangkan tujuh hits Bollywood terbaru India seperti English Vinglish; Tanu Weds Manu; Love Aaj Kal; Barfi; Chennai Express; Hum Saath Sath Hain dan Rock On. Semua film telah sukses secara global dan akan tersedia untuk ditonton oleh pecinta film di Balikpapan. Film-film tersebut telah di sulih suara dalam bahasa Indonesia.

Kedutaan juga menggelar acara khusus Yoga 10 Februari di Plaza Balikpapan. Lebih dari 200 warga Balikpapan, asosiasi yoga diharapkan berpartisipasi dalam Sesi Yoga, yang akan diselenggarakan oleh Guru Yoga India dari Pusat Kebudayaan Jawaharlal Nehru, Kedutaan Besar India di Jakarta.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Tahun Politik, Forkopinda Minta Masyarakat Menahan Diri

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan bersama, DPRD, Forum Pimpinan Daeragh (Forkopinda) menggelar rapat koordinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.