Home / iniHL / Pertamina Gelar Dayak Night Sebagai Dukungan Budaya Dayak Tampil Mendunia

Pertamina Gelar Dayak Night Sebagai Dukungan Budaya Dayak Tampil Mendunia

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com -Kali ini Pertamina mendukung Tim tari dari sanggar budaya Kayun Kuleng dibawah naungan Laskar Pemuda Adat Dayak Kaltim-Kaltara yang akan berangkat ke Ottawa, Canada untuk mengikuti Festival Indonesia in Ottawa : Indonesia Festival (Indofest) 25-27 Agustus mendatang .

Dukungan ini disampaikan sebagai bentuk menghargai keberagaman budaya Indonesia,. Pada Minggu sore, Pertamina menggelar Dayak Night di area Museum Dahor Heritage, Minggu sore.

Acaranya juga diisi dengan lomba membuat tato yang ikuti oleh kalangan media di Balikpapan.

Dalam kegiatan tersebut juga digelar seni tari dari Sanggar Budaya Kayun Kuleng dibawah naungan Laskar Pemuda Adat Dayak Kaltim-Kaltara.

Sanggar ini akan berangkat ke Ottawa, Canada untuk mengikuti Festival Indonesia in Ottawa : Indonesia Festival (Indofest) 2017. Tim tari budaya ini dipimpin Mei Christhy Sengoq.

Area Manager Communication and Relations Pertamina Kalimantan Alicia Irzanova mengatakan pihaknya mendukung keberagaman budaya indonesia. Sebagai bentuk dukungan, Pertamina memberikan dukungan langsung bagi tim tari Sanggar Budaya Kayun Kuleng untuk tampil di Ottawa.

” Pertamina memberikan dukungannya kepada Tim tari tersebut karena ikut berperan nyata untuk mengangkat keberagaman budaya Indonesia di manca negara.” katanya.

Alicia mengatakan pada kesempatan ini juga digelar lomba membuat tato dayak yang menjadi bagian dari masyarakat adat dayak. ” Kita harus ikut melestarikan adat budaya daerah yang menjadi bagian kekayaan budaya bangsa ini,” tambahnya.

Kegiatan Dayak Night yang dilakukan diantaranya adalah eksebisi tari yang diadakan tim tari sanggar budaya Kayun Kuleng dan workshop dan lomba seni tato dayak. Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari undangan yang terdiri dari berbagai komunitas budaya dan anak muda di balikpapan.

Mei Christhy Ketua Sanggar Tari Budaya Kayun Kuleng tmengatakan kegiatan sanggar tari budaya masyarakat Dayak ini telah diakui dunia internasional. Kerja keras bersama tim selama ini telah memberikan hasil yang positif.

Sanggarnya telah memperkenalkan adat Dayak sebagai bagian budaya Indonesia ke pentas internasional seperti pada even 2016 lalu.

“Event Internasional Pertama yang kami ikuti di Beijing Festival tahun 2016. Selanjutnya mereka kembali diundang mengikuti event internasional di Poland Culture Festival, pada festival budaya internasional ini. Tim tari sanggar budaya Kayun Kuleng mengharumkan nama Indonesia dengan membawa kado spesial berupa Piala favorit dan Piala Juara Umum ke Indonesia,” bebernya.

Pada tahun ini pihaknya akan tampil bersama 11 personil di Ottawa pada 25-27 Agustus.

” Kami berterima kasih atas dukungan dari Pertamina dan merasa salut atas perhatian Pertamina untuk mendukung prestasi-prestasi yang membawa nama bangsa Indonesia.”katanya.

Festival ini akan menampilkan berbagai macam hal mengenai Indonesia mulai dari kesenian, produk Indonesia, pariwisata, investasi, dan aneka kuliner asli Indonesia.

“Keberangkatan Tim tari sanggar budaya Kayun Kuleng ke festival Indonesia in Ottawa : Indonesia Festival (indofest) 2017 akan menjadi istimewa mengingat kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus yang memiliki arti khusus bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kami mohon doanya agar semua berjalan lancar,” katanya

Comments

comments

About andi amir

Check Also

PSM Harusnya Menang WO Atas Persebaya

BALIKPAPAN, Inibalikpapan –  Pelatih PSM Makassar Darije Kalezić  pasrah ketika pemainnya harus melakoni laga tunda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.