Home / IniEKONOMI / Perumahan Mewah Juga Minat Program Jaringan Gas

Perumahan Mewah Juga Minat Program Jaringan Gas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kementerian ESDM sudah mulai melakukan kegiatan fisik pembangunan jaringan pipa gas rumah tangga di Balikpapan.

Proyek konversi gas tabung ke CNG ini pada tahap pertama sebanyak 2.846 sambungan rumah tangga di wilayah Kecamatan Balikpapan Tengah Kelurahan Karang Jati dan Sumber Rejo.

Asisten II Sekdakot Balikpapan Sri Sutantinah mengatakan sejumlah perumahan juga menyatakan minat untuk ikut serta dalam pemakaian gas melalui jaringan gas.
” Kita akan mengusulkan di 2017. Mudah-mudahan di 2016 bisa dilakukan surveinya supaya dari Kementerian ESDM bisa melihat potensi perumahan mana untuk bisa menambah. Karena Tarakan itu 21 ribu tahun ini.¬† Saya pikir nggak beda Balikpapan struktur perumahan dengan Tarakan, terangnya (8/4/2016).

Banyak perumahan yang berminat dan mencari tahu program jaringan gas seperti BDI, Balikpapan baru, sampai Borneo Paradiso.
“Ini kan masih program pemerintah yang ingin mengkonversikan elpiji ke CNG. Nah sehingga masih difasilitasi pemerintah mumpung program ini gratis tapi nanti besok- besok bayar kalau kita mau menyambungkan. Begitu program itu habis ya kita bayar mau memasang, ” tandasnya.

Dia berharap program ini masih berlanjut hingga beberapa tahun kedepan mengingat tingginya antusias masyarakat Balikpapan yang ingin ikut program konversi.

Tahap pertama, pembangunan fisik pipanisasi saat ini sudah berjalan dari Pertamina ke jalan Ahmad Yani kemudian menyambungkan kerumah-rumah warga yang telah ditandai ikut dalam program jaringan gas. Sosialisasi program ini pun sudah digelar pekan lalu.
” Nanti ada semacam MRS kayak mainholle untuk jaringan gas kayak jaringan kabel gitu. Letak-letaknya sudah setelah itu baru masuk ke rumah-rumah,” ujarnya.

Program jaringan gas bagian dari perencanaan pembangunan city gas ini sangat menguntungkan masyarakat sebab kata Sutantinah dari sisi kebersihan, waktu dan biaya pemakaian dengan volume yang sama saat ini jauh berbeda.

“Harga lebih murah. Misalnya kalau hitungan keluarga normal dua anak dengan gunakan dua tabung sebulan Rp40 ribu untuk pemakaian tabung 3 kg nanti pakai jaringan gas ini pembayaran sekira Rp28 ribu hingga Rp32 ribu dengan volume yang sama,” tukasnya¬†

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi amir

Check Also

COP Borneo Siap Evakuasi Orangutan Karena Karhutla

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Center Orangutan Protection atau COP Borneo, Berau, Kalimantan Timur telah mempersiapkan lokasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.