Home / iniFLASH / Pilgub Saat Musim Liburan Dikhawatirkan Pengaruhi Partisipasi Pemilih, Kelurahan Damai Baru Terendah Partisipasinya

Pilgub Saat Musim Liburan Dikhawatirkan Pengaruhi Partisipasi Pemilih, Kelurahan Damai Baru Terendah Partisipasinya

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com- Tingkat partisipasi pemilih di komplek Balikpapan Baru, Kelurahan Damai Baru, Balikpapan Selatan berdasarkan pengalaman pilkada lalu atau pileg periode lalu sangat rendah.

Hal ini karena banyaknya warga yang menghuni di kawasan kompleks tersebut merupakan warga pendatang. Apalagi saat ini masim musim liburan sekolah sehingga dikhawatikan partisipasi pemilih pada pilkada kaltim 27 Juni 2018 akan sama rendahnya.

Hal ini diketahui dari tinjauan yang dilapangan ke TPS 4 Kompleks Balikpapan Baru, oleh Wali Kota Rizal Effendi, Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud, Kajari Tri Untarto, Ketua KPUD Balikpapan Noor Thoha, Panwaslu Balikpapan Ahmadi Aziz, Gustian serta desk pilkada, di enam TPS di enam kecamatan, Selasa pagi hingga siang (26/6/2017).

Di TPS 04 Rt 19 Kelurahan Damai Baru, Balikpapan Baru terdapat 321 DPT. Diharapkan angka 70 persen dapat dicapai minimal 50 persen. Namun hal itu sulit untuk dicapai mengingat warga sekitar banyak merupakan warga yang tinggal tidak secara permanen. Saat ini masih menikmati liburan sekolah dan pasca liburan lebaran.

Ketua PPK Balikpapan Selatan Jumadi mengatakan sebagian besar warga kompleks Balikpapan Baru adalah warga yang tinggal sementara sedangkan warga yang memiliki hak pilih masih banyak yang memanfaat moment liburan.

“Balikpapan baru seperti itu seperti saya kan orang Jakarta tapi saya sudah puluhan tahun saya ditranfers disini tapi banyak kawan-kawan saya memilih kalau liburan pulang. Jadi orang Balikpapan Baru ini banyak dihuni sifatnya tidak permanen,” jelasnya (26/6/2018).

KTPnya, banyak warga yang masih menggunakan KTP lama. “namun kalau bukan pilkada dia minta form A5 agar bisa piliha disana (daerah asalanya,” ujar wqrga Balikpapan Baru yang tugas di bidang migas.

Berbasarkan data di Kecamatan Balikpapa Selatan terdapat sebanyak 80.024 warga yang masuk dalam DPR Pilgub Kaltim saat ini. Dari 7 kelurahan yang ada, jumlah dpt-nya paling tinggi ada di Kelurahan Sepinggan dan paling rendah di Kelurahan Damai Baru.

Camat Balikpapan Selatan

Pada kesempatan Camat Balikpapan Selatan Hamsueri Umar mengatakan berkaca pada pilwali lalu maka tingkat partisipasi warga hanya sebesar 64,9 persen. Khusus untuk komplek Balikpapan Baru Kelurahan Damai, dia berharap minimal pada pilkada ini tingkat partisipasi mencapai 50 persen.

“khusus Damai Baru itu partisipasi 50 persen kebawah karena DPT pada saat sosialiasasi kepada hak pilih orang nggak ada dirumah. Mereka bepergian dan ini terjadi saat kemarin. Khusus pilgub ini lagi libur sekolah, libur lebaran jadi mereka memanfaatkan libur ini. Karena daerah Balikpapan baru Rt 5 dan 19 rata-rata orang luar berpenghuni disini,” bebernya.

Karena itu pihak berharap minimal partisipasi pada pilgub Kaltim untuk wilayah Balikpapan Baru dapat mencapai angka 50 persen. Mendorong hal itu pihak telah komunikasi dengan PPS, kelurahan agar terus memberitahukan agar 27 Juni mereka hadir di TPS.

“Dari 4000 DPT kelurahan Damai Baru saya berharap 50 persen sudah bagus. 2000 aja yang menyalurkan aspirasi sudah bagus,” harapnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Hari Ini Wali Kota Lepas 564 CHJ Asal Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Wali Kota Balikpapan sesuai jadwal dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag)  akan melepas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.