Home / iniFLASH / Polisi Ungkap Peredaran Satwa Dilindungi Dijual Online

Polisi Ungkap Peredaran Satwa Dilindungi Dijual Online

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Tim Beruang Hitam Sat Reskrim  Polresta Balikpapan  berhasil mengungkap kasus peredaran satwa liar yang dilindungi.

Satwa liar  yang dilindungi ini di jual melalui sistem online.

Sejumlah satwa liar yang dilindungi berhasil diamankan dari tangan terangsa Anisa Aris Masela warga Jalan Wono Rejo  44 Kelurahan Gunung Samarinda, Kota Balikpapan, Kaltim.

“Terungkapnya kasus ini berawal dari laporan warga yang menyatakan telah terjadi jual beli satwa liar yang dilindungi undang-undang melalui media sosial dengan akun vika animalove,” jelas Kapolresta Balikpapan Kombes Polisi Turmudi, Senin (27/1/2020).

Polisi melakukan penyelidikan akun milik tersangka Anisa Aris Masela yang saat itu berada di Muara Kaman Kutai Kertanegara. Polisi lalu menyita barang bukti berupa anak beruang madu, anak kucing hutan jenis Blacan, Musang Binturung dan tiga anak Musang Martin serta tiga anak Burung Hantu.

“ Satwa liar  ini bukan miliknya  tapi pesanan dari para pembeli. Saya hanya sebagai perantara saja,” tutur Anisa di Polresta Balikpapan.

Satwa liar ini di perdagangkan melalaui jual beli online dengan  harga beragam mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Turmudi melanjutkan pengungkapan ini dilakukan melalui penyamaran anggota kepolisian yang berpura-pura  sebagai pembeli satwa liar. “setelah ada barang bukti berpa satwa dilindungi kami menangkap pelaku,” ujarnya.

Polisi masih melakukan pengembangan terhadap kasus ini untuk mengungkap ada jaringan lainnya.

“Tersangka akan dikenakan Undang – Undang nomor 5 tahun 1990  tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan ekosistemnya dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara,” tambahnya.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Rekan Seprofesinya Divonis 2 Tahun, Puluhan Notaris Melakukan Aksi Damai

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Puluhan notaris Balikpapan melakukan aksi damai di depan pengadilan Negeri Balikpapan, Pengurus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.