Home / iniFLASH / Potensi Zakat Balikpapan Capai Rp 50 Miliar
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat menyerahkan zakat

Potensi Zakat Balikpapan Capai Rp 50 Miliar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan menilai potensi zakat bisa mencapai Rp 50 miliar. Hal itu dikatakan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat menunaikan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di halaman kantor Wali Kota, Senin (20/5).

“Mudah-mudahan bisa mencapai sesuai potensi, karena potensi zakat kita antara Rp 40 hingga Rp 50 miliar,” ujar Rizal.

Dia menilai, tahun ini zakat yang terkumpul bisa mencapai Rp 40 hingga Rp 50  miliar atau lebih tinggi ketimbang tahun sebelumnya yakni Rp 38 miliar. Rizal mengajak masyarakat untuk segera menunaikan zakat lebih awal agar mudah mendistribusikan kepada penerima zakat.

“Tahun kemarin hampir tercapai 38 miliar, mudah-mudahan, tahun ini bisa tercapai Rp 40 sampai Rp 50 miliar,” ujarnya.

Begitupun zakat aparatur sipil negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota Balikpapan bisa lebih meningkat. Mengingat tahun ini, Pemerintah Pusat memberikan tunjangan hari raya (THR) satu bulan upah yang diberikan pada 24 Mei mendatang.

“Zakat dilingkungan ASN, kan ada THR, tentu kita harapkan zakatnya lebih besar lagi. Kalau ASN tak terlalu (besar) mudah-mudahan bisa meningkat,” ujarnya.

Dia juga berharap, penyaluran zakat untuk hal-hal yang produktif dan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.  Diantaranya sector pertanian maupun UMKM dan beasiswa. Termasuk membantu BPJS Kesehatan bagi yang iurannya menunggak.

“Kalau zakat fitrah kan memang harus dibagikan kepada yang berhak, fakir miskin. Zakat harta, infaq, sedekah bisa diolah biar lebih produktif kan dilakukan Baznas,” ujarnya

“Misalnya memebrikan  modal kaum duafa supaya dia bisa lebih produktif di pertania atau di UMKM itu sangat baik, beasiswa, Kemudian bantu orang yang sakit, BPJS nya masih bermasalah, itu sangat baik.”

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Kasus ISPA Tertinggi Ada di Sepinggan Baru

BALIKPAPAN, INIBalikpapan.com— Berdasarkan laporan dan hasil analisa kejadian ISPA 2018 dengan 2019  pada September ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.