Home / iniFLASH / PPU Tawarkan Balikpapan Kerjasama Bangun Waduk Sepaku
Bupati PPU yusran Aspar saat meninjau lokasi pembangunan Waduk Tritip. (foto : humas PPU)

PPU Tawarkan Balikpapan Kerjasama Bangun Waduk Sepaku

PENAJAM, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menawarkan kerjasama pembangunan Waduk Sepaku dengan Pemerintah Kota Balikpapan. Hal itu disampaikan Bupati PPU Yusran Aspar.

“Saking seriusnya, saya mendatangi Walikota  Balikpapan untuk menawarkan insvestasi Waduk Sepaku. Selain itu, berkaitan dengan banyak program lain. Saya sudah melakukan berbagai berbagai study dan memilih konsultan yang berkualitas, “ujar Yusran Aspar.

Yusran optimis pembangunan waduk akan terealisasi mengingat tahun ini akan dilakukan pembebasan lahan. Apalagi pembangunan Waduk tersebut, masuk salah satu program strategis nasional.

Sehingga pembangunan waduk tersebut, juga akan mendapat bantuan anggaran dari Pemerintah Pusat selain anggaran daerah. Yusran pun mengaku, telah mengirim surat ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat proses pembangunan.

Waduk Sepaku tersebut rencananya dibangun diatas lahan seluas kurang lebih 18,5 haktare, dengan jangka waktu pembebasan lahan mulai tahun ini, hingga 2017.

Area genangan waduk direncanakan mencapai luasan 220 hektare, dengan luas tubuh bendungan 16 hektare. Selain untuk kebutuhan PPU, termasuk Balikpapan.

Diperkirakan Waduk tersebut, bisa memproduksi mencapai 587 liter per detik, dengan kapasitas rencana tampungan air mencapai 11,6 juta meter kubik dan debit sekitar 2,4 meter kubik per detik.

 

Comments

comments

About glen

Check Also

Darah AB Sulit, Anggota DPRD Bersama LPM dan Karang Taruna Geber Donor Darah Massal

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Palang Merah Indonesia atau PMI kerap kali kekurangan stok darah. Bahkan AB …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *