Home / iniFLASH / Presiden Sebut Kaltim Sangat Memadai Jadi Ibukota Negara
Presiden didampingi sejumlah Menteri, Wakil Gubernur Kaltim Hadi (Mulyadi dan Bupati Kukar Edi Darmansyah dilokasi Kawasan Bukit Soeharti (foto Sekretariat Presiden)

Presiden Sebut Kaltim Sangat Memadai Jadi Ibukota Negara

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri meninjau Kawasan Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar) atau yang berada di Jalan Tol Balikpapan Samarinda, Selasa (07/05).

Lokasi tersebut, memang menjadi salah satu lokasi yang bakal jadi Ibukota Negara yang baru, disamping Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah (Kalteng) dan daerah lainnya. Demikian disampaikan Presiden disela-sela kunjungannya itu.

“Memang ada beberapa lokasi yang sudah kira-kira 1,5 tahun ini di study, salah satunya adalah Kaltim,” ujar Presiden.

Dia menilai, Kaltim sangat layak menjadi Ibukota Negara karena infrastrukturnya sudah cukup memadai, memiliki dua Bandar Udara di Kota Balikpapan dan Samarinda. Juga sudah memiliki Pelabuhan Internasional di Kota Balikpapan.

“Disinni semuanya saya melihat sangat mendukung, kebetulan ini berada ditengah-tengah jalan tol Samarinda – Balikpapan,” ujarnya

“Dan kalau kita lihat Balikpapan ada airport nya, Samarinda ada airport nya , sudah tidak harus buat airport lagi sudah ada dua. Pelabuhan juga sudah ada, tentunya itu akan lebih menghemat biaya,”

Meski begitu lanjut Presiden, masih ada aspek lainnya yang harus benar-benar dikalkulasi sebelum menentukan lokasi Ibukota Negara. Bukan hanya menyangkut infrastruktur, tapi juga soal sosial politik, kerawanan bencana gempa maupun banjir.

“Tapi kan kajian kita tidak hanya urusan infrastruktur, sosial politiknya seperti apa?. Kemudian urusan lingkungan dan kebutuhan air seperti apa. Apakah jauh dari sisi kebencanaan entah banjir atau gempa bumi, di kalkulasi semuanya,” ujarnya.

“Intinya kita ingin melihat misi kedepan kita seperti apa dan yang paling penting Indonesia sebagai negara besar, kita ingin memiliki juga pusat pemerintahan yang terpisah dengan pusat ekonomi, bisnis, perdagangan, jasa.”

Comments

comments

About glen

Check Also

PSM Harusnya Menang WO Atas Persebaya

BALIKPAPAN, Inibalikpapan –  Pelatih PSM Makassar Darije Kalezić  pasrah ketika pemainnya harus melakoni laga tunda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.