Home / iniFLASH / PTTEP dan MM Universitas Trisakti Gelar Seminar Pembangun Kemitraan Berkelanjutan

PTTEP dan MM Universitas Trisakti Gelar Seminar Pembangun Kemitraan Berkelanjutan


BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – PTTEP Indonesia dan Universitas Trisakti, Program Pascasarjana MM-Sustainability Unversitas Trisakti di tahun 2019 kembali mengadakan serangkaian acara Seminar Nasional Membangun Kemitraan yang Berkelanjutan untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Tahun ini, seminar pertama diadakan di Balikpapan dan dibuka resmi Wakil Gubernur Hadi Mulyadi bersama Wali Kota Rizal Effendi, disaksikan Dr. Surya Darma Ketua METI (Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia), Saur Pasaoran Kabid Ekonomi Bappeda Provinsi. Kaltim, Nining Sutiningsih Kepala Bappeda Kota Balikpapan, Afiat Djajanegara General Affairs Manager PTTEP, Herdiansah Direktur Utama Dompet Dhuafa Social Enterprise, Jalal – Co-Founder CSRI Indonesia, Agus Bei dari Mangrove Center Graha Indah, Maria R. Nindita Radyati, PhD – Pendiri Program S2 MM-CSR Universitas Trisakti dan ratusan undangan.

Wakil Gubernur Hadi Mulyadi menyambut baik seminar nasional membangun kemitraan yang berkelanjutan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Menurutnya pembangunan tanpa dukungan semua pihak mustahil dapat dilakukan pemerintah.

“Seminar luar biasa ini mendapat perhatian dari kita semua, SDG’s penting untuk menjadi sasaran pembangunan kita. Pemerintah telah bekerja keras untuk memastikan pembangunan agar terus berkelanjutan dan memiliki multiplier effect. Tidak mungkin pembangunan bisa terealisasi tanpa dukungan segala pihak, seluruh stakeholders harus bekerja sama untuk membangun iklim positif,” jelasnya di Novotel, (13/3/2019).

Untuk itu kepada pihak swasta atau pihak ketiga yang turut andi dalam pembangunan Kaltim menurut Hadi harus memperhatikan aspek lingkungan, masyarakat sekitar dengan konsep pembangunan berkelanjutan.

“Sehingga kehadiran pihak ketiga di Kaltimbenar-benar disambut positif masyarakt dan masyarakat bisa lebih maju dan sejahtera,” harapnya.


Pada acara ini Wali Kota Rizal Effendi hadir pula sebagai Panel Speaker berbagi ilmu dan pengalamannya terkait Green Energy dan Pembangunan Berkelanjutan kepada peserta di sesi pertama.

Seminar ini kembali menyatukan akademisi, LSM dan sektor publik dan swasta untuk bersama-sama menciptakan kolaborasi dan front persatuan untuk mencapai SDGs di Indonesia.

Sebelumnya, pada 2018 lalu, Seminar Nasional Membangun Kemitraan yang Berkelanjutan untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) digelar di 5 kota yaitu Jakarta, Makassar, Palembang, Medan dan Surabaya.

Tahun 2019 ini merupakan lanjutan dari sebelumnya yang diselenggarakan PTTEP dan Universitas Trisakti, MM-Sustainability. Rangkaian acara seminar untuk membina relasi antar pemangku kepentingan, termasuk pemerintahan, sektor swasta, LSM dan individu di lima kota.

General Affairs Manager PTTEP Indonesia Afiat Djajanegara mengatakan pentingnya menjaga kemitraan yang berkelanjutan. Karena itu pihaknya mengajak pemangku kepentingan dari berbagai sektor untuk terus bekerjasama membantu Pemerintah Indonesia untuk mencapai SDGs.

“Berdasarkan antusiasme yang kami dapatkan dari peserta seminar dan lokarya di lima kota di seluruh Indonesia, kami memutuskan untuk melanjutkan acara ini di empat kota lainnya di tahun 2019,” ujarnya.

Lanjutnya poin SDGs No. 17 yaitu, “Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDGs,” PTTEPdan Universitas Trisakti, MM-Sustainability, menyelenggarakan rangkaian acara seminar untuk membina relasi antar pemangku kepentingan, termasuk pemerintahan, sektor swasta, LSM dan individu di lima kota.

Dr. Maria Nindita Radyati dari MM Trisaksi menambahkan inisiatif untuk mengajak masyarakat mendalami ilmu keberlanjutan sangatlah penting dan kami berharap dapat merangkul lebih banyak pemangku kepentingan sehingga terciptanya kemitraan yang berkelanjutan di acara tahun ini.
“Dengan inisatif ini kami bersama-sama dapat menciptakan dampak positif untuk pembangunan yang berkelanjutan,” ujarnya.

Selain seminar, akan diadakan juga lokakarya pada Kamis dan Jumat (14-15 Maret) yang bertujuan untuk melatih LSM lokal tentang bagaimana cara terlibat secara profesionaldan efektif dalam bermitra dengan sektor swasta dan pemerintah. Lokakarya ini akan dipimpin oleh instruktur dari Universitas Trisakti MM-Sustainablity.

PTTEP Indonesia adalah anak perusahaan dari PTT Exploration and Production Public Company Limited (PTTEP) Thailand. PTTEP Indonesia bertujuan untuk mendukung ketahanan energi Indonesia. Saat ini, PTTEP Indonesia memiliki kontrak bagi hasil (PSC) di Natuna Sea A blok (11,5 persen), blok lepas pantai yang memproduksi minyak mentah dan gas alam kondensat di Laut Natuna Barat.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Anggaran Bencana Kaltim Hanya Rp3 Miliar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim menyebutkan anggaran pada tahun ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.