Home / iniFLASH / Puluhan Mahasiswa dan Pelajar Antusias Ikuti Lomba Mural Even KPU Balikpapan

Puluhan Mahasiswa dan Pelajar Antusias Ikuti Lomba Mural Even KPU Balikpapan

BALIKPAPAN, Ini balikpapan.com — Berbagai upaya terus ditempuh KPU Balikpapan Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. Salah satunya dengan mengadakan lomba Mural atau lomba melukis di dinding atau tembok yang digelar di Kantor KPU Kota Balikpapan, Sabtu (16/3/2019).

Sebanyak 20 kelompok dari sejumlah siswa  SMA yang ada di Balikpapandan dan Perguruan tinggi ikut serta. Mereka tampak antusias mengaktualisasikan bakat mural. 

Komisioner KPU Kota Balikpapan Endang Susilowati mengatakan, lomba Mural ini berbeda dengan lomba Mural pada umumnya. Sebab lomba Mural yang diprakarsai oleh KPU Kota Balikpapan tidak dipungut biaya pendaftaran.
 “Dan para peserta yang mengikuti lomba Mural ini kami subsidi Dua Ratus Lima Puluh Ribu. Dana itu diharapkan untuk dijadikan modal untuk membeli cat dan bahan bahan lainnya untuk membuat mural,” kata Endang  (15/3/2019). 

Endang mengatakan, dalam lomba Mural itu, desainnya harus asli dengan desain peserta itu sendiri. Tidak boleh meniru dengan desain orang lain. Tidak berbau sara. Tidak boleh menampilkan kata kata kasar. “Yang paling utama yaitu tidak menampilkan keterpihakkan salah satu peserta Pemilu,” ujarnya. 

Ketua panitia Lomba Mural Suprasmi Retnaningsih mengatakan lomba Mural ini menjadi rangkaian sosialisasi KPU dalam meningkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 kali ini. 
” Ini memang lomba Mural  pertama kali yang kita gelar, “katanya.
” Alhamdulillah  lomba mural ini disambut baik masyarakat, khusus pemilih pemula, seperti pelajar dan mahasiswa. Ini dibuktikan dengan adanya apresiasi pelajar dan mahasiswa yang mengikuti lomba ini,” jelasnya..

Untuk lomba Mural ini, panitia memberikan 6 penghargaan berupa uang tunai, tropy penghargaan dan sertifikat. Untuk juara ke 1 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 3.000.000,- + Tropy Penghargaan dan sertifikat. Juara ke 2 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 2.250.000,- +Tropy Penghargaan dan sertfikat. Sedang juara ke 3 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 1.750.000,-

Selain memberikan hadiah dan tropy untuk juara 1 hingga juara 3. Panitia juga memberikan hadiah kepada juara Harapan 1 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 1.250.000,- + sertifikat. Juara Harapan 2 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 1.000.000,- + sertifikat. Dan untuk Juara Harapan ke 3 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 750.000 + sertifikat.

Dalam lomba mural ini, terdiri dari 20 kelompok. Di mana masing masing kelompok terdiri dari 2 hingga 5 orang personil. Dan jangka waktu yang ditetapkan dalam membuat Mural tersebut selama 5 jam lamanya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Anggaran Bencana Kaltim Hanya Rp3 Miliar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim menyebutkan anggaran pada tahun ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.