Home / iniFLASH / Ratusan Guru Honorer K2 Tak Bisa Ikut CPNS
Ribuan pelajar bersama guru, BNN Kota, walikota dan Forum Komuikasi Pimpinan Daerah melakukan ikrar perang terhadap narkoba pada peringatan HSP 28 Oktober 2016 di Dome.

Ratusan Guru Honorer K2 Tak Bisa Ikut CPNS

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dari 270 guru honorer berstatus K2 hanya 4 guru yang bisa ikut dalam pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil di Kota Balikpapan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan hanya mendapatkan jatah 4 dan guru yang memenuhi syarat usia terdapat 6 guru.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan Muhaimin menjelaskan tidak bisanya guru honor K2 mendaftar CPNS itu juga terkendala usia, dimana kebijakan dari pemerintah pusat usia maksimal 35 tahun.

“Guru yang lain usianya sudah di atas 35 tahun. Ya, mau tidak mau, karena regulasinya bukan di kami (Disdikbud), tapi di kementerian, sudah kami sampaikan dan Alhamdulillah, mereka memahami,” jelas Muhaimin.

Pihaknya telah mensosialisasikan kebijakan tersebut kepada guru-guru yang berstatus K2 dan melalui sosialisasi itu disarankan untuk berkomunikasi ke Kemenpan RB melalui organisasi mereka.

“Kami sarankan melalui organisasi mereka (PGRI) serta organisasi lainnya berkomunikasi ke Kemenpan RB. Tunggu saja keputusannya, karena sudah pertemuannya, Kemenpan RB, Kemendikbud, BKN dan Komisi X terkait persoalan tersebut,” papar Muhaimin, Kamis (18/10).

Kendati demikian Muhaimin menilai gaji guru non PNS di kota Balikpapan juga lebih manusiawi ketimbang daerah lain karena kalau masalah kesejahteraan tenaga pendidik merupakan wewenang Pemkot Balikpapan.

“Semua guru honorer gajinya standar UMK di tahun 2019 nanti. Dan sudah masuk usulan dalam pembahasan APBD kota 2019,” sebut Muhaimin.

Ia menyebutkan guru honorer di Balikpapan saat ini menerima Rp1,8 juta per bulan yang terdiri dari gaji Rp1,3 juta dan sisanya adalah asuransi kesehatan. “Guru honorer di Balikpapan terdapat 2.200 orang untuk SD dan SMP ,” tandasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About rahma danty

Check Also

Balikpapan Kampanye dan Deklarasi Tidak Menggunakan Produk dan Kemasan Plastik

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com- Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 Pemerintah Kota Balikpapan menggelar Kampanye sekaligus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.