Home / iniFLASH / Ribuan Kartu Indonesia Sehat di Balikpapan Dinonaktifkan Kepesertaannya
Warga menunjukkan Kartu Indonesia Sehat (foto : asrulrahmawati)

Ribuan Kartu Indonesia Sehat di Balikpapan Dinonaktifkan Kepesertaannya

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Berdasarkan surat edaran Kementerian Sosial nomor 170/HUK/2015 sebanyak 5 ribu peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Balikpapan dinonaktifkan kepesertaannya.

Pasalnya, penerima KIS-PBI (penerima bantuan iuran) APBN tidak berhak lagi mendapatkan iuran terhitung mulai 4 Januari 2016 lalu. KIS yang merupakan program pemerintahan sebelumnya, dibentuk tahun 2011.

Dikelola Kementerian Kesehatan kemudian dilimpahkan ke Badan Penyelenggara Jaminan  Sosial (BPJS) akan tetapi tidak divalidasi. Imbasnya masyarakat yang sudah memiliki KIS tidak dapat menikmati fasilitas kartu “sakti” tersebut.

“Belum pernah divalidasi ulang kepesertaanya selanjutnya tahun 2014 melalui Kementerian Sosial dilakukan dan hasilnya 1.7 juta jiwa itu dinonaktifkan seluruh Indonesia termasuk di Balikpapan sekitar 5 ribuan,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan, Dodi Pamungkas

BPJS Kesehatan Balikpapan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) dan Dinas Sosial (Dinsos) untuk melakukan validasi ulang bagi 5 ribu peserta KIS-PIB APBN.

“Akhir 2015 kita sudah sampaikan ke pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial mengenai 5 ribu jiwa ini untuk segera di verifikasi ulang,” pungkasnya.

Syifa

Comments

comments

About glen

Check Also

Segera Beralih ke Kartu 4G, Telkomsel Konsisten Berikan Pengalaman Terbaik

MAKASAR, Inibalikpapan.com — Telkomsel  mengajak pelanggan yang belum mengunakan kartu 4G untuk segera beralih. Dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.