Home / iniFLASH / Rizal Ingin Buah Elai Jadi Ikon Balikpapan
Rizal Effendi saat menikmati buah elai '

Rizal Ingin Buah Elai Jadi Ikon Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi rupanya ingin menjadikan buah elai yang hanya tumbuh di Kalimantan menjadi ikon Balikpapan. Bahkan Rizal mengiginkan ada perkebunan lai khusus lai di Balikpapan.

Rizal bahkan telah meminta agar pohon lai ditanam di Kebun Raya Balikpapan (KRB). Karena belum ada petani yang tertarik membudidayakandi budidaya elai. Mengingat lahan KRB yang masih luas, sehingga memungkinkan ditanami pohon elai.

Selama ini Rizal mengaku, kerap memperkenalkan buah elai ke sejumlah tokoh di Indonesia, mulai dari kepala daerah hingga kalangan akademisi. Karena buah lai memiki kandungan yang baik untuk kesehatan. Bahkan untuk wanita.  

“Saya sudah kenalkan waktu ke Jakarta, pernah juga ketika ketemu Wali Kota Surabaya dan Rektor Universitas Gadjah Mada. Jadi kita harus kenalkan buah yang ada di Kalimantan,” ujarnya.

“Elai itu kandungan kolesterolnya juga tidak tinggi dan bagus bagi wanita, bisa mengencangkan kulit. Tumbuhnya juga mudah, bijinya aja dilempar bisa tumbuh,”

Rizal mengungkapkan, selama ini banyak orang yang tidak tahu buah elai, mengira buah durian. Karena memang selama ini tumbuh liar di hutan. Berbeda dengan buah durian, sampai ada yang menanamnya, karena memang popular.

“Kayak Lahung, orang juga heran, kok ada durian warnanya merah marun. Lai itu bisa dalam satu perkebunan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan, Heria Prisni segera akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk penyediaan lahan. Karena dibutuhkan minimal lahan 5 hektar untuk menanam pohon lai.

Harapannya dengan adanya perkebunan elai, maka menjadi kebanggan bagi Kota Balikpapan yang menjadi bagian dari Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. Karen alai menjadi buah khas Balikpapan maupun Kalimantan

“Mungkin di KRB ada lahan yang bisa difungsikan. Elai kan gak ada di daerah lain. Orang luar juga kaget melihat durian kok kuning. Padahal itu elai,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Akses Jalan Masuk Gedung Parkir Klandasan Ditambah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Setelah mendapat kritik pedas dari DPRD dan masyarakat Kota Balikpapan, Pemerintah Kota …

One comment

  1. Buahnya seperti apa rasanya kalau matang? DI jawa blum ada ya tanaman itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.