Home / iniFLASH / Seluruh Puskesmas dan Tenaga Medis di Balikpapan Siaga
Kawasan pusat kota Balikpaapn diselimuti kabut asap (10/9)

Seluruh Puskesmas dan Tenaga Medis di Balikpapan Siaga

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan menyiagakan seluruh puskesmas dan tenaga medis untuk melayani warga yang mengeluhkan akibat kabut asap yang menyelimuti Kaltim dalam beberapa hari terakhir.

“Semua puksesmas harus siaga, dokter dan perawat harus selalu ada di tempat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti.

“Jika muncul keluhan-jeluhan teriat saluran p[ernafasan, kemudian iritasi pada mata atau mual dan sakit kepala Itu diharapkan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat,”

Dia juga memastikan stok obat-obatan terkait infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) maupun alergi karena kabut asap juga aman, Termasuk masker. Sehingga jika Balikpapan ditetapkan kejadian luar biasa (KLB) ISPA juga siap.

“Kemudian stok obat-obatan yang terkait ISPA juga dampak alergi lainnya sudah kita siapkan . Stok masker untuk pencegahan juga kita siapkan ada 111 ribu sekian masker. Jika ini menjadi KLB maka kita siap,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini yang terkena terkena ISPA berjumlah 3.129 kasus. Namun, belum bisa dipastikan semua karena kabut asap. Karena ISPA bisa juga disebabkan virus maupun bakter. Jumlah kasusnya pun sama dengan tahun sebelumnya.

“Karena penyebab ISPA kan banyak, bisa virus, bisa bakteri, bisa juga karena asap. Tapi bukan semua karenasap, karena tidak bisa kita buktikkan. Jadi kita membandingkan dengan September tahun lalu. Kasusnya masih sama,” ujarnya.

“Secara total belum ada peningkatan tapi kalau kita melihat distribusi kasus yang cukup tinggi itu di Kelurahan Baru Ulu, Teritip, Karangjoang dan Klandasan.”

Comments

comments

About glen

Check Also

Akses Jalan Masuk Gedung Parkir Klandasan Ditambah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Setelah mendapat kritik pedas dari DPRD dan masyarakat Kota Balikpapan, Pemerintah Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.