Home / IniEKONOMI / Sepanjang Tahun 2017, Telkom Gelontorkan Dana Segar Ke 137 Mitra Binaan

Sepanjang Tahun 2017, Telkom Gelontorkan Dana Segar Ke 137 Mitra Binaan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sebanyak 137 Usaha Kecil Mikro dan Menengah di Kota Balikpapan tahun ini memperoleh bantuan pinjaman modal usaha dari PT Telkom Indonesia. Tercatat sepanjang tahun 2017, Telkom area Balikpapan telah menggelontorkan Rp4,4 miliar untuk 137 mitra binaan.

Berdasarkan data yang dilansir, pada triwulan I/2017 menggelontorkan sebesar Rp1,3 miliar, triwulan II/2017 sebesar Rp1 miliar lebih, triwulan III/2017 sebesar Rp651 juta dan triwulan ke IV/2017 sebesar Rp1,4 miliar.

“Sejak tahun 2002 Telkom telah menyalurkan bantuan pinjaman modal usaha ke mitra binaan. Dan program akan berlangsung terus tidak hanya putus pada pemberian modal usaha tapi juga hingga pendampingan kepada UKM,” ungkap General Manajer Telkom Witel Balikpapan, Deny Aryanto saat penyerahan bantuan pinjaman modal usaha kepada mitra binaan, di Kantor Telkom Balikpapan, Selasa (12/12/2017).

Ia menjelaskan tidak hanya memberikan bantuan pinjaman modal usaha, Telkom juga melakukan pembinaan kepada mitra binaan dalam hal ini pelaku UKM.

“Jadi kami tidak hanya lepas pada pemberian bantuan pinjaman modal usaha saja, tapi juga melakukan pembinaan. Pembinaan itu pelatihan dari mengenal promosi melalui digital dan pengelolaan keuangan,” tukasnya.

Deny mengharapkan bantuan modal usaha diberikan tidak hanya habis untuk membeli bahan baku tapi juga untuk mengembangkan UKM. “Bagaimana usaha bisnis ke depan. Dana mitra yang diberikan tidak hanya habis membeli bahan baku. Jadi kami tidak lepas kami lakukan pembinaan dari promosi, mengenal digital,” terangnya.

Selain itu, melalui pemberian pinjaman modal usaha ini UKM dapat memberikan kontribusi yang positif bagi roda perekonomian daerah khususnya Provinsi Kalimantan Timur.

Rita (35) salah Seorang pelaku usaha makanan mengapresiasi program mitra binaan yang diberikan Telkom.

“Bagus ya, apalagi ini yang pertama kali. Selain kami dapat pinjaman modal usaha juga dapat ilmu dalam mempromosikan usaha,” katanya.

Melalui kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh Telkom menurutnya, UKM ataupun pelaku usaha sangat terbantu untuk menambah ilmu kewirausahaan khususnya bagaimana mengembangkan usaha.

“Saya terus terang tertarik dengan pembinaan yang dilakukan Telkom kepada UKM. Dari segi promosi dan pemasarannya akan lebih aktif dengan pembelajaran yang diberikan,” imbuh perempuan yang memiliki 3 anak.

Sementara itu, Kepala Seksi Bina UMKM Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Balikpapan, Rabiatun berpesan kepada pelaku usaha untuk mempergunakan bantuan modal usaha dengan pengembangan usaha, dan catatan catatan pada usaha. “Kalo bisa ada tabungan untuk usaha jadi bisa mengetahui pertumbuhan usaha. Pemisahan keuangan pribadi dan usaha. Sisihkan juga untuk uang menimba ilmu secara ilmu untuk mengembangkan usaha,” tandasnya.

Comments

comments

About rahma danty

Check Also

Pertamina RU V Gelar Turnamen Catur se-Kalimantan Timur

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Ratusan pecinta catur di Balikpapan dan Kaltim ambil bagian dalam Turnamen Catur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.