Home / IniEKONOMI / Mulai September 2016, Sebanyak 3.849 Kepala Keluarga di Balikpapan Menikmati City Gas
Sutadi Kabag Humas dan Protokol Sekdakot Balikpapan

Mulai September 2016, Sebanyak 3.849 Kepala Keluarga di Balikpapan Menikmati City Gas

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Kabar gembira, sebagian masyarakat Balikpapan akan menikmati city gas pada September 2016 mendatang.

Diproyeksikan sebanyak 3.849 kepala keluarga di tinggal di kecamatan Balikpapan Tengah akan menikmati jaringan gas (Jargas) bumi ini sebagai alternatif pengganti LPG bersubsidi.

“Program dengan nilai kontrak 49,78 Milyar tersebut bersumber dari APBN 2016 melalui program pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral Republik Indonesia,” ungkap Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Balikpapan, Sutadi Kamis sore (10/3/2016).

Menurutnya pada 29 Februari 2016 lalu Kementerian ESDM telah menugasi Pertamina untuk melaksanakan pembangunan jaringan dan pengoperasian jargas di Balikpapan dengan PT. Nindya Karya sebagai rekanannya.”Dengan target penyelesaian hingga 29 September mendatang,” ujarnya.

Sutadi mengatakan tahap awal pembangunan jaringan gas di Balikpapan akan dilaksanakan di 3 kelurahan, yaitu karang jati, Karang rejo, dan Sumber Rejo. Pada tahun lalu Tim telah melakukan survey dan identifikasi rumah warga yang akan dipasang Jaringan gas tersebut.

“Oleh pihak ketiga, tiap rumah akan mendapatkan pemasangan Jaringan Gas Rumah Tangga, lengkap dengan meteran (alat pengukur pemakaian gas-Red),” paparnya.

Lanjutnya sebagai persiapan pemasangan Jaringan gas Rumah Tangga, rumah-rumah warga yang akan dipasangi jaringan gas tersebut akan mendapat sosialisasi terkait cara penggunaan, aspek keamanan, hingga keuntungan menggunakan gas.

“Sosialisasi ini akan dikoordinir oleh kecamatan dan kelurahan yang warganya merupakan sasaran program jargas, narasumbernya berasal dari tim teknis yaitu PT. Nindya Karya dan PT. Pertamina,” katanya.

Keuntungan yang akan didapat oleh warga adalah dari sisi pembiayaan yang lebih hemat antara 25-30% dibandingkan dengan menggunakan LPG. Sedangkan dari sisi keamanan, penggunaan Jaringan gas rumah tangga ini lebih aman dibandingkan dengan tabung LPG yang digunakan oleh masyarakat saat ini.

“Informasi dari Pertamina, tekanan gas pipa ini lebih rendah, kalau LPG itu 8 bar sedangkan gas pipa ini hanya 2 bar. Selain itu jika terjadi kebocoran, gas yang keluar akan langsung menguap keudara sehingga dapat menghindari risiko meledak,” tukasnya.

 

Lampiran:

Sektor-Sektor Jaringan Gas di Kota Balikpapan

SektorJumlah SambunganKelurahan
Sektor 1482 SambunganKarang Rejo
Sektor 2306 SambunganKarang Jati
Sektor 3499 SambunganKarang Rejo
Sektor 4460 SambunganKarang Rejo
Sektor 5452 SambunganSumber Rejo
Sektor 6454 SambunganSumber Rejo
Sektor 7465 SambunganKarang Rejo
Sektor 8336 SambunganSumber Rejo
Sektor 9395 SambunganKarang Jati

 

Comments

comments

About andi amir

Check Also

Tak Patuhi Kebijakan Karantina, Bakal Ditindak Tegas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan akan mulai melakukan pengetatan sosial ataupun karantina wilayah, Senin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.