Home / IniEKONOMI / Si Jempol Jemput Bola Perizinan Masyarakat

Si Jempol Jemput Bola Perizinan Masyarakat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Setelah sukses menerapkan proses perizinan hanya beberapa jam di Senin malam, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) kembali akan meluncurkan program Sistem jemput Bola Langsung Pelayanan ( Si Jempol) .

Sistem baru ini akan diluncurkan pada Hari Jadi kota Balikpapan 9 Februari mendatang.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Elvin Djunaedi mengatakan

Program Si Jempol selain memberikan kemudahan kepada masyarakat maupun investor juga lebih mendekatkan pelayanan karena pola bersifat jemput bola. Petugas perizinan yang akan mendatangi lokasi usaha masyarakat.

“Misalkan di kawasan perniagaan kita datang ke sana terus ada pelayanan izin usaha. Kita berkoordinasi dengan pengelola setempat. Kita juga melakukan pengelola perumahan, misal pengurusan IMB, sudah ada perubahan bentuk rumah tapi tidak merubah IMB. Nah kita ada di situ dengan memudahkan mereka,” jelasnya(30/1/2018).

Terobosan 2018 ini program “Si Jempol” diharapkan makin memudahkan masyarakat dalam kepengurusan perizinan termasuk IMB.

Dalam melaksanakan program SI Jempol itu, SDM perizinan sudah siap dan tinggal pelaksanaan pada bulan Februari 2018. Pada tahun ini pihaknya mendapatkan target PAD dari retribusi IMB sebesar Rp20 miliar. Dia berharap melalui program ini makin mempermudah pencapaian.

“Insya Allah bulan Februari siap diluncurkan dan sdm sudah disiapkan sesuai yang dimiliki. Itu juga suatu bentuk kemudahan perizinan dalam investasi. Retribusi IMB itu tahun ini kita ditarget Rp20 Miliar,” sebutnya.

Dia mengharapkan dengan berbagai program kemudahan pelayanan pengurusan perizinan di kota Balikpapan masyarakat dapat mengurus langsung tanpa harus melibatkan pihak ketiga.

“Biasanya orang melakukan pengurusan perizinan itu menggunakan pihak ketiga. Kalau ngurus sendiri itu lebih mudah asalkan persyaratan sudah lengkap,” pungkasnya.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Pelaku UMKM Balikpapan Harus Melek Digital

BALIKPAPAN, Inibalikpapan  – Pemerintah Kota Balikpapan meminta agara para pelaku usaha mikro kecil dan menengah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.