Home / iniFLASH / SILON Eror? Ini Jawaban Ketua KPU Balikpapan
Noor Toha

SILON Eror? Ini Jawaban Ketua KPU Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Pasangan Solehuddin Siregar – Muhammad akhirnya mendaftar melalui jalur perseorangan di detik-detik terakhir sebelum penutupan pendaftaran ke KPU Kota Balikpapan, sekitar pukul 23.45 wita, Minggu (24/02).

Namun pantauan sementara Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha mengungkapkan, justru jumlah dukungan yang  di imput ke aplikasi SILON (Sistem Informasi Pencalonan) tak memenuhi syarat minimal yakni sebanyak 39.450 dukungan.

Namun  kurangnya jumlah dukungan di SILON, karena ada sekitar 7 ribu dukungan yang tak bisa di imput. SILON disebut-sebut mengalami gangguan,  Sehingga kemudian jumlah dukungan tidak mencapai batas syarat minimal. Lalu apa tanggapan, Noor Toha?

“Yang jelas gini, KPU itu sudah melakukan upaya banyak hal terkait pendampingan, teman-teman media sudah mengikuti betapa KPU itu jerih payah betul agar tim bakal pasangan calon dari perorangan in (bisa mendaftar)i ayo kalau ada masalah apa?,” ujarnya.

“KPU itu ibaratnya kita suidah dengan moto melayani itu, sudah gak kurang-kurang setiap hari kita pantau terus. Nah kalau tiba-tiba sudah penyerahan ada kesulitan seperti itu ya kami harus cek dulu kebenaran informasi itu,”

Dia meragukan, jika SILON disebut eror, sehingga tidak bisa mengimput dukungan. Karena kata dia, setiap hari KPU Kota Balikpapan terus memantau tim dari bakal pasangan calon yang mengimput data ke SILON, jika ada ada kendala.   

“Tapi kami tidak bisa gegabah . KPU tetap bekerja diatas prosedur, KPU harus bekerja diatas aturan. Saya berpikir hampir-jampir tidak mungkin (eror),” ujarnya.

“Karena hampir pagi sore kami pantau, ada kesulitas apa ? operatornya, operator sama divisi tekhnis ada kesulitan apa? Dan jawabnya tidak ada masalah, oke tidak ada masalah,”

“Jadi kami tidak menemukan dalam proses pendampingan kami ada kesulitan, maka tidak perlu ada yang harus dilakukan,”

“Kalau monitoring ke hoimebasenya? itu sekali, karena homebasenya , beliau memakai fasilitas di Universitas Mulia i. Tapi kominkasi lewat HP, lewat telephone itu hampir setiap saat pagi sore, pagi sore,”

Kata dia, SILON sudah teruji, sehingga jika ada masalah pasti sejak awal tim dari pasangan calon sudah melakorkan. Namun hingga terakhir batas pendaftaran jalur perseorangan, tidak ada melapor ada gangguan di sistem milik KPU.

“Kami mengkhawatir betul kalau ada trouble di sistem kami. Dan sistem kami sudah teruji tidak , kalau ada trouble pasti beliau mengadu ke kami.  Dan sepanjang kami melakukan pendampingan itu tidak ada masalah. Bahkan setiap di WA jawabannya,” ujarnya

“Mereka mengimput itu dari tanggal 23(Januari)  itu gak sampai sebulan bahkan kurang lebih 15 hari saja, memang wajar saja mereka kerja keras.”

Comments

comments

About glen

Check Also

Anak 8 Tahun dan Remaja Putri 17 Tahun Berstatus PDP di Kutim

SAMARINDA, Inibalikpapan – Satu anak perempuan usia 8 tahun asal Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berstatus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.