Home / IniEkonomi / Sukses Dengan Program The Gade, Pegadaian Balikpapan Luncurkan The Gade Craft and Gold

Sukses Dengan Program The Gade, Pegadaian Balikpapan Luncurkan The Gade Craft and Gold

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pegadaian Balikpapan Bersama Rumah Kreatif Pertamina, Rumah Nirmana, dan Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM meluncurkan The Gade Craft and gold di café Pegadaian Klandasan Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan, Kamisi pagi (6/12/2018).  Keberadaan The Gade Craft and gold ini untuk ikut memacu pertumbuhan ekonomi di Kaltim khususnya Balikpapan.

Pemimpin Wilayah Ivan  Pegadaian Balikpapan Dwi Wuryantadi mengatakan even ini program terbaru bagi Pegadaian wilayah IV Kalimantan. Harapan bisa diimplementasikan di seluruh kota di Kalimantan.

“Berharap program ini bisa meningkatkan kemampuan bagi perajina baik yang sudah tergabung dalam UMKM maupun belum. Nanti kita berikan pelatihan, pendanaan dan pemasaran yang degisn yang mudah baik online-offline,” katanya.

“Karena kita juga sudah memiliki banyak gade craft and gold salah satu outlet yang banyak dikunjuni kaum mileneal muda yang memiliki kemampuan lebih,”sambungnya.

Dengan tampilnya hasil pengrajin di display café The Gade Pedagaian diharapkan ada pendapatan pengrajin ini akan dikonversikan bentuk tabungan emas. “Kita akan berikan pelatihan, pendanaan, pembiyaan juga instrumen investasi emas yang sudah jalan,”ujarnya.

Pegadaian sudah memiliki beberapa tempat yakni The Gade Coffee and Gold yakni merupakan tempat nongkrong anak-anak muda dengan fasilitas kecepatan internet yang tinggi dengan penawaran investasi emas. Selain itu, Pegadaian juga memiliki The Gade Village di kawasan Borobudur yang didalamnya terdapat homestay yang dikelola masyarakat setempat (balai ekonomi desa/balkondes) juga terdapat The gade Clean and Gold yang diresmikan di Banjarmasim yakni pengelolaan sampah dengan memilih sampah di bank sampah yang hasil penjualan dikonversi tabungan emas.

“Dan yang sekarang ini yang keempat The Gade Craft and Gold pertama di Indonesia jika lancar dan berkembang bagus diharapkan dapat diadopsi program nasional,” harapnya.

 

Perwakilan Disperinkop UKM Malik Effendi mendukung peluncuran tempat nongkrong anak muda dengan menampilkan display kerajinan masyarakat Balikpapan.

“ Ini prrogram barunya Pegadaian. Tujuan memberikan wadah baik belajar untuk pelatihnya pengembangan produk maupun pemasaran. Pegadaian sudah ambil peran lebih besar dari konvensional ke link pemasaran. Patut dicontoh karena ini luar biasa,”ujarnya.

Menurutnya jika semua BUM melakukan ramai-ramai dengan memberikan ruang, pealtihan dan pemnbinaan serta pemasaran produk UMKM dipastikan sector UMKM akan semakin maju dan kuat untuk berdaya saing.

“Kalau UMKM dikroyok ramai-ramai BUMN atau sektoral lainnya untuk memajukan UMKM pasti kita akan makin bagus dari sisi produk terutama kualitas dan design,” tukasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Sidak Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Pangan Aman

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Tim Gabungan Satgas Pangan Polda Kaltim, Bulog Kaltim, Disdag Kaltim dan Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.