Home / IniEKONOMI / Tahun Ini Kementerian Perindustrian Gelontorkan Rp 14 Miliar untuk Industri Kecil Menengah Teritip
Logo Inbalikpapan

Tahun Ini Kementerian Perindustrian Gelontorkan Rp 14 Miliar untuk Industri Kecil Menengah Teritip

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Tahun ini Pemerintah Pusat menggelontorkan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 14 miliar untuk membangun rumah produksi dan fasilitas lainnya di Kawasan Industri Kecil Menengah (IKM) Teritip Kota Balikpapan.

Dana dari Kementerian Perindustrian itu untuk pembangunan empat rumah produksi dan dalam waktu dekat akan segera dilelang. Termasuk juga membangun kebutuhan gudang, bahan baku, penyimpanan, dan pemasangan pagar depan sentra. 

“Pemasangan pagar ini diperlukan karena untuk ekstra menjaga keamanan mengingat belum ada gerbang,” ujar Kepala Dinas UMKM Koperasi dan Perindustrian Kota Balikpapan, Doortje Marpaung.

Di Kawasan Sentra industri Teritip tersebut, sejak 2018 telah dibangun 20 unit rumah produksi dan fasilitas lainnya untuk memfasilitasi UMKM atau produksi hasil perikanan, kelautan dan pertanian khususnya di Kecamatan Balikpapan Timur.

 “20 rumah produksi yang sudah dibangun tahun 2018 saat ini sudah ditempati oleh UKM dan mereka yang menempati tidak tinggal disana karena di design bukan tempat tinggal namun hanya sebagai rumah produksi,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, sarana dan fasilitas juga belum lengkap, khususnya untuk air bersih. Karena Instalasi Pengolahan Air dan Limbah (IPAL) masih dalam masa uji coba sebelum dioperasikan. Sedangkan untuk listrik sudah terpasang sejak 2018.

“Untuk air sendiri masih dilakukan penampungan supaya masuk ke rumah produksi,” ujarnya

Mantan Kabag Humas ini juga berharap, menambah anggaran untuk melengkapi segela saran dan fasilitas yang dibutuhkan di di Kawasan Industri Kecil Menengah (IKM) Teritip Kota Balikpapan guna mendukung UMKM..

 “Jika tidak mungkin (ada tambahan dana), nanti kami akan mencari sumber dana lainnya jika memang APBD belum bisa,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Ketua DPRD Kembali Bacakan Teks Proklamasi, Ini Pesan Abdulloh

BALIKPAPAN, INIBalikpapan.com — Untuk kesekian kalinya, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdullah membacakan teks proklamasi pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.