Home / iniFLASH / Targetkan 18 Februari Perakitan Kotak Suara Selesai

Targetkan 18 Februari Perakitan Kotak Suara Selesai


BALIKPAPAN -KPUD Balikpapan menarget penyelesaian perakitan kotak suara selesai pada 18 Februari mendatangkan. 
Ketua KPUD Balikpapan Noor Thoha menyebutkan sudah hampir 2000 kotak suara selesai dirakit.  Ada sekitar delapan petugas yang melakukan perakitan. Per hari masing-masing personel bisa merakit kira-kira 150 sampai 200 kotak suara. 

Februari ini sejumlah logistik untuk persiapan pemilu 2019 secara bertahap sudah datang di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan. Logistik tersebut antara lain, segel, tinta, bilik suara, dan kotak suara. Logistik tersebut merupakan pengadaan dari KPU pusat.
“Selain itu juga ada tinta yang sudah datang dan segel. Saat ini kami dalam proses perakitan kotak suara. Pelaksanaannya butuh waktu maksimal sampai 10 hari. Perakitan tersebut sudah kami lakukan sejak hari Jumat (8/2),” ungkapnya  (12/2). 
Sementara untuk surat suaranya masih belum dicetak. Direncanakan pencetakan dilakukan tanggal 15 Februari. ” Biasanya sekira 2 minggu baru di lakukan pengiriman di pelabuhan, melalui kantor pos,” ucapnya. 
Untuk jumlah keseluruhan kotak suara yang sudah datang adalah 10.226 lembar. Sementara untuk bilik suara berjumlah 8.128 lembar. 

Kotak suara berbahan karton dan mika di salah satu sisi tersebut sebagian juga sudah dirakit oleh tim dari KPU. Jumlah logistik yang sudah datang sebenarnya masih kurang, lantaran yang ada saat ini masih mengacu pada data jumlah DPT lama. Untuk kotak suara sejauh ini masih kurang 146 lembar, sementara untuk bilik masih kurang 116 lembar. 

Sementara untuk pengadaan dari KPU provinsi hanya sampul yang juga sudah datang. 
Terkait jumlah surat suara yang nantinya akan dikirim ke Balikpapan akan sangat bbanyak.  Ada lima surat suara untuk satu orang. Untuk pilpres saja jumlah surat suara ada 473.397, itu sama julahnya untu DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Kota. 

“Ini dibagi ke 6 dapil, jumlahnya berbeda-beda. Setelah pencetakan tanggal 15 Februari nanti, pengiriman direncanakan pada tanggal 18 sampai 19 Februari. Sementara itu untuk pencetakan dilakukan oleh PT Temprina Media Grafika,” tukasnya. 

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Tahun Politik, Forkopinda Minta Masyarakat Menahan Diri

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan bersama, DPRD, Forum Pimpinan Daeragh (Forkopinda) menggelar rapat koordinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.