Home / iniFLASH / Teluk Balikpapan, Surga Bagi Pemancing di Ibu Kota Negara
Rahmad Mas'ud saat mengajak jurnalis mancing bersama di Teluk Balikpapan

Teluk Balikpapan, Surga Bagi Pemancing di Ibu Kota Negara

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Teluk Balikpapan kini menjadi salah satu destinasi wisata, khususnya bagi yang memiliki hobi memancing. salah satunya Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud yang memiliki hobi memancing.

Rahmad bahkan memiliki lokasi favorite di Teluk Balikpapan untuk memancing. Menggunakan speedboat  dengan waktu lebih kurang 30 menit atau 3 jam untuk bisa sampai di rumpon atau tempat ikan berkumpul.

Di lokasi tersebut, beragam ikan bisa ditemukan hingga bisa merasakan sensi strike yang berbeda untuk masing-masing ikanmulai dari ikan kakap , kerapu, tongkol, tuna,  tembang , ikan sepatu. Termasuk jenis marlin juga kerap terlihat.

Rahmad mengatakan,  Teluk Balikpapan berhadapan langsung dengan Selat Makassar yang memiliki potensi besar kelautan. Dimana beraneka ragam ikan dapat ditemukan. Sehingga tidak salah menjadi surga bagi para pemancing

Letaknya yang berada diantara Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang merupakan calon Ibu Kota Negara (IKN) membuat Pemerintah Kota Balikpapan pun menjadikannya salah satu destinas wisata,

“Dengan ditetapkannya sebagai Ibu Kota Negara yang baru, maka potensi ini akan tetap manjadi bagian dan salah satu tujuan wisata yang akan terus dikembangkan,” ujarnya.

Teluk balikpapan  memiliki luas daerah aliran sungai (das) sekitar 211.456 hektar dan perairan seluas 16.000 hektar.  Memiliki 54 sub-das menginduk di wilayah teluk ini, termasuk salah satunya das sei wain atau yang dikenal dengan hutan lindung sungai wain (HLSW) 

Wilayah pesisirnya banyak dipenuhi hutan bakau. Termasuk ada sebanyak 31 pulau kecil menghiasasi wajah Teluk Balikpapan. Teluk Balikpapan menjadi habitat bekantan ayakni monyet hidung panjang. Termasuk dugong dan pesut.

Comments

comments

About glen

Check Also

DPRD Berau Kunjungi DPRD Balikpapan

BALIKPAPAN,  Inibalikpapan.com —Sembilan anggota DPRD Berau melakukan kunjungan kerja ke DPRD Balikpapan,  Kamis pagi (5/12/2019). …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.