Home / IniEKONOMI / Tiga Komisaris AP I Kunjungi Sepinggan Balikpapan, Siapa Jadi Bandara Hub untuk Kepentingan IKN

Tiga Komisaris AP I Kunjungi Sepinggan Balikpapan, Siapa Jadi Bandara Hub untuk Kepentingan IKN

BALIKPAPAN, INIBalikpapan.com — Tindaklanjuti dari rencana pengembangan Bandara Sepinggan Balikpapan menyambut Kaltim sebagai Ibu kota negara, tiga komisaris Angkasa Pura I melakukan kunjungan ke kantor AP I Balikpapan, Rabu siang (11/9/2019).

Kunjungan ini selain pengecekan langsung  juga memastikan bandara AP I yang dekat IKN baru akan mendapatkan dukungan mengingat bandara merupakan pintu masuk strategis baik pergerakan orang maupun barang.

Komisaris AP I Ali Mochtar Ngabalin meyakini pergerakan

penumpang akan tinggi  di Bandara SAMS setelah diumukannya sebagian kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara sebagai ibu kota negara Indonesia.

“Artinya ada tanda-tanda baik masa depan bisnis penerbangan, baik dari pertumbuhan penumpang maupun pergerakkan pesawat,” kata Ali yang juga didampingi dua komisaris lainya Tri Budi Satriyo dan Suprasetyo.

Di Kalimantan, lokasi bandara terdekat dengan IKN yakni Balikpapan, Samarinda dan Banjarmasim. PT Persero Angkasa Pura I diminta untuk  mempersiapkan infrastruktur transportasi udara khususnya dua bandara yang sudah dibawah pengelolaan AP I yakni SAMS Sepingggan Balikpapan dan Bandara Syamsuddin Noor, Banjarmasin.

“Kami perseroan diberi tugas untuk kelola bandara di Balikpapan dan Banjarmasin. Harapannya bandara di Samarinda juga bisa dikelola oleh Angkasa Pura I,” kata Komisaris Angkasa Pura I Suprasetyo.

Nanti ada salah satu bandara yang akan dijadikan hub yang menunjang arus barang dan orang dalam bagi kepentingan IKN.

 “Artinya ada tiga kandidat bandara yang bisa menjadi bandara Hub. Keputusannya itu dengan melihat tatanan kebandaraudaraan yang sudah siap, baik sisi lahan maupun lokasi yang strategis. Nanti dibahas dengan kementerian perhubungan,” tandas Suprasetyo.

Bandara Balikpapan menjadi lokasi terdekat dengan IKN yang berjarak kurang lebih 40km jika lokasi berada di Sepaku-Samboja.

Apalagi dengan jarak bandara yang  makin singkat dengan operasional tol Balikpapan-Samarinda pada akhir 2019 nanti.

Disamping itu, SAMS Sepinggan juga sudah mencatatkan sebagai bandara terbaik tingkat Asia Pasifik melalui penilai Airports Council International (ACI) pada 4 September 2019 lalu untuk kategori bandara berpenumpang 5-15 juta/tahun.

 Disamping itu Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan menerima penghargaan tingkat dunia di bidang pelayanan pelanggan, Airport Service Quality (ASQ) Awards 2018,  bandara terbaik di bidang lingkungan dan suasana serta Bandara terbaik di bidang infrastruktur dan fasilitasi.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Polres Balikpapan Ungkap Kasus Curanmor Terbesar Tahun Ini

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Jajaran Satuan Reskrim Polres Balikpapan mengungkap kasus pencurian sepeda motor (curanmor) terbesar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.