Home / iniFLASH / Wali Kota, Dandim Dan Kapolres Serta Ulama Pastikan Tidak Ada Teror Ulama di Balikpapan

Wali Kota, Dandim Dan Kapolres Serta Ulama Pastikan Tidak Ada Teror Ulama di Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersama Dandim, Kol Inf Hendri Wijaya Kapolres AKBP Wiwin Firta menggelar penjelasan seputar isu teror yang alami ulama di Balikpapan yang sempat ramai pekan kemarin.

Bahkan ,Wali Kota mendatang Ustad Hasmi yang sempat mengalami kejadian itu namun setelah ditelusuri ternyata hanya miskomunikasi saja.
Mereka menyatakan secara resmi bahwa isu tersebut tidak benar.

Ustad Hasmi menjelaskan kejadian pada magrib beberapa hari lalu usai pulang solat di masjid Manuntung.
Bahwa dirinya saat itu merasa takut yang berlebihan karena melihat seseorang yang tak dikenal membawa golok, mengikutinya serta memantau di sekitar rumahnya.

Namun ternyata orang tersebut tetangga barunya yang belum dikenal. Diakui dirinya keliru dalam menafsirkan dugaan awalnya. Wajar, saat itu Hasmi merasa khawatir dan ketakutan, sehingga melaporkan kejadian ini kepada petugas.

“Pada intinya kejadian itu ada namun pemberitaan di media sosial itu yang sangat berlebihan. Sehingga seolah-olah saya mengarang cerita bohong. Saya sama sekali tidak mengarang cerita bohong, saya menyampaikan apa yang terjadi dan tidak saya lebih-lebihkan. Dan yang saya alami itu ternyata salah sangka,” jelasnya.

“Saya wajar sebagai warga negara Indonesia pada saat diri saya merasa terancam atau diri saya merasa terintimidasi saya wajar melaporkan hal ini kepada Polisi dan TNI,” sambung Hasmi saat di bandara Sepinggan (2/3/2018).

Kapolres Balikpapan, AKBP Wiwin Firta mengatakan setelah pihaknya mendapatkan laporan, kepolisian langsung menelusuri dan mendalami kebenarannya. Namun saat dipastikan melalui rekaman CCTV dan keterangan beberapa saksi rupanya kejadian ini bukanlah teror ulama.

“Setelah kita konfirmasi dan proses penyelidikan dengan CCTV bahwa semua yang terjadi itu tidak seperti yang diduga. Ini miss komunikasi, ternyata itu saudara kita, tetangga kita” terangnya.

Agar tidak menjadi polemik tidak menjadi isu yang membuat keresahan, Polres menghimbau kepada warga agar mengkatifkan kembali siskamling dan komunikasi dengan tetangga kita.

Demikianlah pula dengan Dandim 0905 Balikpapan, Kolonel Inf Hendri Wijaya mengajak masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan siskamling serta saling mengenal dengan tetangga.

” Sehingga kecurigaan ini tidak berujung pada rasa ketakutan berlebihan. Kami apresiasi ustad melaporkan kejadian sehingga kita turun ke lapangan, tapi nanti kita lebih berhati-hati lagi untuk menafsirkan segala apa yang terjadi,” tambahnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Launching Skuat Persiba,100 Anak-anak SSB Sikat Legenda Persiba 2-0

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – 100 anak-anak yang tergabung dalam Sekolah Sepakbola Balikpapan (SSB) mempermalukan legenda Persiba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.