Home / iniFLASH / Warga Antusias Saksikan Upacara Kemerdekaan RI

Warga Antusias Saksikan Upacara Kemerdekaan RI

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Ribuan warga Balikpapan tumpah ruah menyaksikan upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 tahun di lapangan Merdeka, Jumat pagi (17/8/2018).

Rombongan Wali Kota hadir sekitar pukul 09.00 WIB yang disambut dengan sajian Tari Kolosal Pesona Balikpapan dan hiburan paduan suara yang menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Upacara dimulai pukul 10.00 WITA yang dengan pembunyian sirine selama 1 menit. Kemudian pembacaan teks proklamsi oleh Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh, dan dilanjutkan dengan pengibaran duplikat bendera pusaka oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Balikpapan yang berasal dari siswa/siswi SMA/SMK se-Kota Balikpapan.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 berlangsung khidmat. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi meminta warga Balikpapan agar tetap menjaga kebersamaan. Hal ini sejalan dengan tema peringatan Hari Ulang Tahun Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu Kerja Kita Prestasi Bangsa.

Menurutnya, upaya tersebut penting dilaksanakan agar Bangsa Indonesia dapat terhindar dari perpecahan, sehingga dapat mengatasi segara permasalahan yang dialami oleh bangsa.

“Kebersamaan penting bagi bangsa kita supaya kita jangan terpecah belah, jangan retak, jangan berkelahi tapi berkarya,” kata Rizal saat ditemui setelah Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 di Lapangan Merdeka, Jumat (17/08/2018).

Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengajak warga Balikpapan untuk mengisi kemerdekaan dengan melakukan upaya terbaik untuk kemajuan bangsa dan negara khususnya Kota Balikpapan.

Generasi saat ini harus mampu mengisi kemerdekaan dengan berbagai macam bentuk pengabdian sebagai bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

“Bukan hanya tenaga pikiran namun harta bahkan nyawa mereka persembahkan untuk anak cucu bangsa kita, jadi harus kita hargai,” ucapnya.

Pada upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia hadir anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, PNS, TNI, Polri, anggota DPRD, Ormas, pelajar dan mahasiswa dari sejumlah kampus yang ada di Balikpapan.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Tahun Politik, Forkopinda Minta Masyarakat Menahan Diri

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan bersama, DPRD, Forum Pimpinan Daeragh (Forkopinda) menggelar rapat koordinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.