Home / IniEkonomi / Warga Karangjati Balikpapan Telah Nikmati Jargas
Saat pPeluncuran Jaringan Gas di Kelurahan Karangjati Balikpapan

Warga Karangjati Balikpapan Telah Nikmati Jargas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Warga Kelurahan Karangjati Balikpapan kini sudah menikmatin jaringan gas (jargas). Ada sebanyak 306 samburang rumah tangga jargas sejak sepekan lalu telah menikamati city gas.

“Dulu kalau mau masak air harus cari gas lagi. Sekarang tinggal jeglek, kompor gas langsung nyala. Enak tinggal pakai nggak ada biaya lagi hanya bayar rekening aja,” ujar Ida Mahmudah warga RT 23 No. Kelurahan Karangjati.

“Saya hanya gunakan utuk masak air dan masak lainya. Saya kebetulan warung kecil-kecil. Ini sepekan pemakaian hanya Rp5000an,”

Pembangunan dan pengoperasian jaringan gas bumi untuk rumah tangga (Jargas) kota Balikpapan ini merupakan penugasan Pemerintah kepada PT Pertamina (Persero) dengan APBN 2016 sebesar 49,7 Miliar, berdasarkan Kepmen ESDM No.4822K/12/MEM/2015.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja mengatakan, pemanfaatan gas bumi melalui pembangunan Jargas untuk rumah tangga merupakan program berkelanjutan Kementerian ESDM sebagai bentuk konsistensi Pemerintah dalam menyediakan energi bersih, murah dan terjangkau untuk masyarakat.

”Warga kini tidak perlu kuatir lagi dengan adanya kelangkaan gas. Jargas hadir di rumah-rumah warga ini dengan suplai kontinyu, 24 jam ada gas,” kata Wiratmaja.

“Tahun ini Pemerintah menganggarkan Rp1,14 triliun untuk bisa membangun Jargas baru di beberapa kota/kabupaten dengan jumlah 53.000-59.000 SR.”

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Sekolah Dasar dan PAUD Boleh Pakai Bos untuk Pengenalan Cagar Budaya Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sejak awal 2018 aktif mengedukasi pentingnya pemeliharaan cagar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *