Home / iniFLASH / Waspada DBD, Ada 427 Kasus dan 5 Meninggal
Deman berdarah

Waspada DBD, Ada 427 Kasus dan 5 Meninggal

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Balikpapan kian mengkhawatirkan. Karena sepanjang tahun ini tercatat ada 427 kasus dengan 5 kematian.

Pemerintah Kota Balikpapan pun terus berupaya menekan kasus DBD. Termasuk warga untuk melapor ke RT ataupun Puskesmas apabila ditemukan kasus DBD didaerah sekitarnya.

Warga diminta melapor, sehingga nantinya Pemerintah Kota Balikpapan bisa mengambil tindakkan apa yang harus dilakukan. Apakah melakukan fogging atau pemberantasan sarang nyamuk.

“Nanti kita lihat apakah perlu difogging atau tidak kalau tidak sesuai kriteria fogging kita nggak fogging sehingga hanya melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan pemberian abatesisasi,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Balerina.

Dia juga meminta agar warga tidak melakukan foging sendiri tanpa karena sangat berbahaya. Karena kata Balerina, berbahaya bagi bayi dan orangtua lansia. Selain itu juga ada syarat-syarat tertentu untuk melakukan foging  

“Kita belum pernah. Karena itu racun jangan hanya itu karena ada syarat-syarat tertentu yang harus dilakukan kita ketat sekali. Khususnya banyak bayi dan orangtua lansia. Tidak sembarangan, nanti ekosistem terganggu,”ujarnya.

Dia mengungkapkan, fogging baru dapat dilakukan apabila daerah terdebut, sudah terdapat penularan DBD dengan jumlah 3 hingga 4 kasu. Sehingga memenuhi syarat dilakukan fogging.

“Selanjutnya saat dilakukan fogging, semua rumah harus dibuka jangan ada yang ditutup. Nanti didalam ada nyamuknya kita nggak tahu,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Hari Ini Wali Kota Lepas 564 CHJ Asal Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Wali Kota Balikpapan sesuai jadwal dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag)  akan melepas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.