10 Provinsi Ramaikan Kejurnas Menembak Piala Gubernur Kaltim

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Dalam rangka meramaikan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak bertajuk Piala Gubernur Kaltim. Tercatat lebih dari 500 atlet dari 10 provinsi berpartisipasi yang berlangsung di Lapangan Tembak Manggar, Sabtu (19/11/2022).

Dua kategori dipertandingkan yakni kategori target untuk junior, youth dan super youth serta kategori berburu.

Kejurnas ini memang cukup dinanti. Terlebih, sudah vakum lima tahun. Terakhir, terlaksana di Balikpapan pada tahun 2017 bernama Awang Faroek Cup.

Ketua Pengprov Perbakin Kaltim, Roy Nirwan mengatakan, Kaltim dalam beberapa tahun lalu sangat terkenal dengan kejuaraan menembak level nasional. Saat masih bernama Awang Faroek Cup, hampir seluruh petembak di Indonesia menantikan. Apalagi dengan hadiah cukup besar.

“Makanya, kami berusaha untuk mengembalikan itu. Lima tahun setelah vakum, tahun ini kami adakan selevel itu dengan nama Piala Gubern Kaltim,” ujar Roy Nirwan.

Kejurnas ini, kata dia juga jadi ajang menciptakan atlet berkualitas dari Kaltim. Terlebih, di edisi PON ataupun kejuaraan besar berskala nasional, Bumi Etam sangat kerap memaksimalkan atlet dari luar.

“Kami tentu tak ingin itu terulang. Sebagai ketua umum, ingin mengubahnya. Bagaimana Kaltim wajib memaksimalkan atlet binaannya sendiri. Itu sudah kami mulai sejak tiga tahun lalu. Mendirikan sekolah menembak dengan harapan bisa mencetak atlet. Memang tidak langsung instan dan butuh waktu panjang,” jelas mantan perally nasional ini.

Atas hal tersebut, mantan Ketua KONI Balikpapan dua periode ini tak menampik menjadi alasan kenapa Kaltim tidak meraih medali di PON Papua. Karena, atletnya baru dicetak.

“Saat ini sudah dua sekolah menembak berdiri. Yakni di Balikpapan dan Samarinda. Di beberapa daerah lain juga akan berdiri seperti PPU, Paser dan Bontang. Berharap semua Kaltim bisa berdiri. Sehingga dengan event seperti ini, bisa atusan petembak Kaltim berpartisipasi,” harapnya.

Baca juga ini :  Disperkim Balikpapan Dorong Revisi Perda tentang Penyediaan dan Penyerahan PSU

“Semoga Pemprov Kaltim bisa terus memberikan dukungan. Sehingga kejurnas ini dapat menjadi agenda rutin tahunan,” sambungnya.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi berjanji kejurnas ini akan diadakan tiap tahun. Apalagi, pelaksanaan kali ini dari segi peserta cukup membludak.

“Sangat mengapresiasi kejurnas yang terlaksana ini. Semoga dari kejuaraan ini bisa terlahir petembak andalan dari Kaltim,” tambah Hadi Mulyadi.

Untuk diketahui, dari 10 provinsi yang berpartisipasi, diantaranya Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta serta Jawa Barat. Piala Gubernur Kaltim 2022 akan berlangsung hingga 25 November 2022. 

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.