Pelatihan Cek Fakta yang digelar AMSI Kaltim melalui daring

17 Jurnalis Ikuti Pelatihan Cek Fakta yang Digelar AMSI Kaltim

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Asosiasi Medi Siber Indonesia (AMSI) Kaltim menggelar pelatihan cek fakta, untuk debat pilkada Balikpapan 2020 bagi anggotanya selama 3 hari mulai 27 Oktober dan berakhir hari ini.

Cek fakta merupakan program AMSI Pusat didukung Google News Initiative (GNI). Menggunakan google meet atau secara daring, cek fakta diikuti 17 perserta dari berbagai media di Kaltim

Hasdir sebagai trainer Nurfahmi Budiarto, Fact Checker Tersertifikasi GNI dan Zainal A. Ishaq Fact Checker Tempo, dengan materi penelusuran video dan gambar, didunia maya terkait kebenaran informasi diterima. Peserta juga mendapatkan materi, keamanan digital.

Nurfahmi menyampaikan, berbagai tools dapat digunakan untuk memverifikasi berita, untuk mengetahui kebenaran informasi diterima. Hal yang sama disampaikan Zainal bahwa, tidak ada kata menyerah, seorang jurnalis, mencari sebuah kebenaran berita..

Ketua AMSI Kaltim Sumarsono menyampaikan terima kasih kepada para trainer yang telah memberikan materi dengan baik. Harapannya bisa bermanfaat bagi jurnalis di Kaltim untuk menegetahui kebenaran informasi yang diterima.

“Tidak hanya itu, dengan pelatihan itu juga. Menjadi penting bagi anggota AMSI untuk dipakai di media masing-masing,” katanya.

Sementara, Project Asisten AMSI Pusat Sarah mengapresiasi pelatihan cek fakta, telah berjalan dengan baik. Semoga progran cek fakta bermanfaat dan materi disampaikan dapat diterima dengan baik,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Dewan Tagih Jawaban Tertulis Wali Kota Atas Pandangan Fraksi Terkait APBD 2021

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — DPRD Kota Balikpapan akan meminta jawaban tertulis Wali Kota Rizal Effendi terkait …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.