Personil Polda Kaltim melakukan pengamanan di kawasan IKN Nusantara

22 Paket Pembangunan Infrastruktur di IKN Telah Ditandatangani

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah memastikan mulai membangun infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pembangunannya dilakukan secara bertahap.

“Proses pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah dimulai pekan ini. Proses konstruksi IKN ini akan dilaksanakan secara bertahap,” dikutip dari akun twitter resmi IKN.

Berdasarkan data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sampai saat ini telah dilakukan penandatanganan kontrak sejumlah 22 paket pekerjaan di IKN.

“Apapun paket pekerjaan yakni pembangunan Tol IKN Segmen Karangjoang – KTT Kariangau, penyiapan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Tahap 1, dan pembangunan hunian pekerja konstruksi,”

Sebelumnya Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kaltim Junaidi menyatakan, tahun ini akan dimulai pembangunan jalan tok dari Bandara Sepinggan ke IKN.

“Tahun ini kita bikin jalan tol mulai dari Bandar Sepinggan sampai ke Karangjoang sampai ke Karingau terus tembus ke IKN,” ujar kepada awak media, Rabu (07/09/2022)

“Panjangnya yang sudah kita lelangkan 26 kilometer sampai Pulau Balang. Karena kita harus tembuskan dulu,” ujarnya

Menurut Junaidi, saat ini dalam tahap kontrak untuk pengerjaan. Targetnya pada 2023 telah rampung sudah bisa bisa tembus langsung ke IKN dari Bandara Sepinggan Balikpapan.

“Bulan 9 ini Insya Allah skarang sudah kontrak semua Pulau Balang nanti insya Allah 2023 sudah tembus terus yang jalan lurusnya pakai jembatan bawah laut lagi menuju langsung ke IKN ,” ujarnya

Termasuk juga akan dibangun jalan layang atau fly over sehingga tidak lagi harus melewati jalan Mulawarman untuk menuju Pulau Balang dan IKN. Karena nanti menyambung dengan tol Balikpapan-  Samarinda

“Nanti sampai 2024 kita akan bangun jalan dari Sepinggan Balikpapan ada over pass ya jadi dia motong gakl lewat jalan Mulawarman,” ujarnya

Baca juga ini :  Derby Kaltim, Laga Pembuktian Fakhri Husaini

“Dia ketemu dengan jalan tol  Balsam di kilometer 8 dia belok ke Karingau Pelabuhan dari Karingau Langsung ke Pulau Balang. Kalau lurus dia ketemu IKN, kalau ke kiri dia Pulau Balang Simpang Riko.”

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.