27 Orang Bersaing Jadi Dewas di Dua Perumda Balikpapan, Ini Tahapan Selanjutnya

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Sebanyak 27 orang bakal calon Dewan Pengawas di dua Perusda milik Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan telah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan. 

Kabag Perekonomian Setdakot Balikpapan, Neny Dwi Winahyu mengatakan, saat ini tahapan pemilihan Dewan Pengawas Perumda Manuntung Sukses dan Perumda Tirta Manuntung sudah melewati uji kepatutan dan kelayakan, dari tiga tahapan yang mereka akan lalui, nantinya dilanjutkan dengan tahapan selanjutnya yakni tahapan wawancara. 

“Kalau yang lulus siapa saja dari uji kepatutan dan kelayakan masih kami olah datanya, nanti akan umumkan di media, total ada sekitar 27 orang yang mendaftar. Di dua perumda,” ujar Neny Dwi Winahyu kepada Inibalikpapan.com, Rabu (20/4/2022).

Neny menambahkan, untuk seleksi administrasinya sudah selrsai, begitu juga dengan uji kepatutan dan kelayakan juga sudah selesai, saat ini sedang pengelolah hasil, kemudian nanti tahapan selanjutnya tes wawancara. 

“Pasca kita lakukan analisa data,  nanti pak Wali Kota yang menetapkan calonnya, tugas panitia seleksi hanya sampai memberikan rekomendasi nama yang lulus dari uji kepatutan dan kelayakan,” akunya.  

Terkait calon dewan pengawas, Neny sudah menjelaskan diawal pendaftaran bagi pengurus partai pada saat mendaftar diminta untuk mengundurkan diri dari partainya, tapi kalau hanya sebatas anggota partai, maka diminta mengundurkan diri ketika terpilih sebagai dewan pengawas. 

“Artinya selama masih jadi anggota partai pada saat pendaftaran masih boleh, tapi jika terpilih maka harus mengundurkan diri dari partai,” kata Neny. 

Adapun seleksi di dua Perumda ini diharapkan bisa tuntas pada pertengahan Mei 2022, sehingga bisa langsung bekerja. Dengan satu Perumda minimal ada 1 anggot Dewas dan maksimal ada 5 anggota dewas.

“Dewas ini biasanya dari satu dari unsur pejabat daerah pemerintahan dan satu lagi dari independen dan jumlajnya ditentukan pak wali. Bisa aturan minimal 1 anggota dan maksimal 5 anggota,” tuturnya. 

Baca juga ini :  Istri Wali Kota Balikpapan Kembalikan Formulir Pendaftaran ke Partai Golkar

Sebelumnya, Pj.Sekretaris Daerah (Sekda) Muhaimin, menjelaskan, seleksi ini dibuka untuk menggantikan dewas  sebelumnya yang sudah selesai masa tugasnya. Nanti ada dua tim yang menyeleksi dewan pengawas di dua perusahaan daerah tersebut.

“Tim seleksi tersebut terdiri dari tim independen diantaranya perguruan tinggi,  dan dari pemerintah daerah terdiri dari Pj Sekda dan Asisten dua,” kata Muhaimin.

Tahapan seleksi dimulai dari seleksi administrasi, assesment, hingga wawancara. Kemudian nama para calon dewan pengawas akan diserahkan ke Walikota Balikpapan untuk kemudian ditetapkan sebagai  Dewan Pengawas Perumda Manuntung Sukses dan Perumda Tirta Manggar (PDAM).

Ditambahkan Muhaimin setelah dewan pengawas terbentuk, langsung dilanjutkan penetapan beberapa posisi direksi yang berstatus pejabat sementara untuk Perumda Tirta Manuntung (PDAM). Pun begitu, untuk perangkat Direksi baru dilakukan setelah terbentuknya Dewan Pengawas.

Apalagi diketahui, Plt Direksi sudah mengisi posisi sementara. Termasuk penetapan Direktur Utama definitif.

“Perangkat direksinya untuk sementara sudah lengkap. Nanti setelah melaksanakan pemilihan Dewan Pengawas, baru kami melaksanakan pemilihan Direktur Utama (Dirut) untuk direksi PDAM yang definitif,” tambahnya.

Untuk komposisi jumlah Dewan Pengawas tersebut, tambah Muhaimin, akan ditentukan berdasarkan syarat-syarat dari tingkat daerah.

“Unsur Pemerintah itu berapa, dan independen berapa. Jumlahnya Itu bisa tiga, lima, atau tujuh orang, tergantung kebutuhan,” tutupnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.