38 Mahasiswa Program Studi Teknik Kelautan ITK Kunjungi Kilang Balikpapan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Sebanyak 38 Mahasiswa Fakutas Teknik Kelautan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) melakukan kunjungan industri ke PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan. 

Para Mahasiswa ini terlihat sangat antusias untuk mengikuti acara dan mengamati langsung kegiatan operasional di dalam kilang PT KPI Unit Balikpapan. Kegiatan diawali dengan pemaparan proses bisnis KPI Unit Balikpapan di Gedung Banua Patra Jumat, (14/10/2022)

Setelah mendapatkan pemaparan overview proses bisnis PT KPI Unit Balikpapan dan dilanjutkan dengan tanya jawab, para mahasiswa juga berkesempatan untuk melakukan site visit ke dalam kilang dan untuk melihat secara langsung bagaimana operasional yang ada di dalam kilang.

“Kami menyambut baik kunjungan yang dilakukan oleh para mahasiswa ke Kilang Balikpapan,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin.

Kunjungan ke dalam PT KPI Unit Balikpapan juga menjadi kesempatan bagi Pertamina untuk menyampaikan proses operasi yang dilaksanakan perusahaan.

“Kami berharap melalui kunjungan ini, para mahasiswa dapat melihat secara langsung bagaimana Pertamina melakukan pengelolaan kilang serta bagaimana mengoperasikannya dengan standar HSSE yang ketat. Tentunya kehandalan pengelolaan kilang akan menjadi catatan sejarah bagaimana kemampuan Pertamina dalam pengelolaan kilang,” kata Chandra.

Tanggapan positif disampaikan oleh para mahasiswa. Rani Yuniar Putriyanti, Mahasiswa S1 Teknik Kelautan Angkatan 2019 menyampaikan kebahagiaan mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke PT KPI Unit Balikpapan 

“Hari ini kami melakukan kuliah lapangan di Kilang Balikpapan, kami melihat tempat-tempat penyimpanan yang dimiliki RU V serta tempat pengolahan minyak,” kata Rani.

Rani juga berharap agar hubungan antara PT KPI Unit Balikpapan dengan Program Studi Teknik Kelautan dan ITK dapat berlangsung dengan baik. 

Baca juga ini :  Ini Alasan Wali Kota Balikpapan Tak Lockdown

“Harapan kedepannya semoga melalui kuliah lapangan ini hubungan antara PT KPI Unit Balikpapan dengan Prodi Teknik Kelautan dan ITK bisa lebih lagi agar dapat melakukan studi lapangan lagi di kesempatan lainnya,” harapnya.

Senada dengan Rani, Mahasiswa S1 Teknik Kelautan Angkatan 2019 Baginta Veron Tarigan juga menyampaikan agar di lain kesempatan dapat melihat lebih lama lagi proses-proses yang ada di dalam kilang.

“Kali ini kami berkesempatan untuk melihat langsung keliling di dalam kilang, harapannya semoga di lain kesempatan kami kami bisa turun langsung ke lapangannya,” tutupnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.