Home / covid-19 / 4 Kasus WNA Positif Covid-19 di Balikpapan, 2 Kasus Sudah Sembuh
Andi Sri Juliarty

4 Kasus WNA Positif Covid-19 di Balikpapan, 2 Kasus Sudah Sembuh

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan menyebutkan, hingga kini sudah ada 4 kasus positif covid-19 warga negara asing (WNA). Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty.

Dia mengatakan, dari 4 WNA yang positif covid-19 itu, sudah 2 WNA yang telah dinyatakan sembuh dan telah meninggalkan rumah sakit. Sementara 2 WNA lainnya masih dirawat di rumah sakit yakni 1 asal  Pakistan, 1 asal Ingriis dan 2 asal Korea Selatan.

“Soal pembiayaannya dari Kementerian kesehatan (Kemenkes) menanggung seluruhnya, semuanya di klaim ke Kemenkes,” ujarnya.

Sementara itu kata dia, sesuai ketentuan semua fasilitas kesehatan (faskes) wajib melaporkan ke Dinas Kesehatan setempat jika ada kasus baru positif maupun kasus sembuh dari hasil uji swab PCR mandiri maupun perusahaan.

“Jadi seperti aturannya bahwa semua fasilitas kesehatan yang menemukan hasil terkonfirmasi positif dalam waktu 2 jam itu harus melaporkan,” ujarnya.

Setelah itu lanjutnya, baru kemudian tim dari Dinas Kesehatan menghubungi pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 itu untuk memastukan semua masuk rumah sakit untuk menjalani perawatan dan isolasi.

Seperti 6 kasus baru yang merupakan klaster alat berat, terkonfirmasi hasil uji swab yang dilakukan rumah sakit Siloam. “Jadi rumah sakit Siloam melaporkan 6 yang terkonfirmasi positif, kemudian tim surveilans kami menindaklanjuti,” ujarnya

Kata dia, dari klaster baru perusahaan alat berat , ada 2 orang yang hasil pemeriksaan uji swab PCR hasilnya negatif. “Kita masih mencari lagi, apa ada lagi yang kontak dalam 14 hari. Lokasi kerjanya di Berau, disini bukan Kantro Pusat,” ujarnya.

Comments

comments

About abraham johan

Check Also

Pemprov Kaltim Segera Teken MoU dengan Polisi dan TNI Terkait Penanganan Covid-19

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Pemerintah Provinsi Kaltim akan akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kodam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.