Potret kelurga miskin di Kota Balikpapan yang masuk dalam program penerima bantuan sosial

9.368 Warga Terdampak Corona di Balikpapan, Diluar Gakin

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan telah melakukan pendataan warga yang terdampak akibat virus corona atau covid-19. Data tersebut dihimpun melalui 34 kelurahan di Kota Balikpapan

“Datanya melalui kelurahan ya, jadi tim keluharan itu memberikan infornya ke kita. Sekarang sudah didata ada banyak,” ujar Kepala Dinas Sosial Kota Balikpapan Purnomo.

“Angkanya banyak ada 9.368 itu hasil pendataan yang dilakukan oleh kelurahan, 34 kelurahan se-Kota Balikpapan, Itu yang terdampak. Itu resiko adanya covid-19, masyarakat yang terdampak jumlahnya segitu,”

Namun jumlah tersebut diluar keluarga miskin (gakin)yang telah memiliki program bantuan sosial (bansos) sendiri. “Masyarakat yang gakin itu ada sendiri, jadi tidak tumpang tindih nanti, jadi berbeda datanya,” ujarnya.

Menurutnya, data yang dihimpun tersebut, nanti disesuaikan dengan anggaran yang dialokasikan melalui APBD Kota. “Data dari kelurahan itu kan ada mekanisme anggaran, jadi kita mekanisme anggaran dulu,” ujarnya.

Kata dia, kemungkinan bantuan yang akan diberikan yakni kembutuhan sembako dan sebelum Ramadhan diserahkan. “Karena kebutuhannya kan sembako yang kebutuhan sehari-hari itu yang diproritaskan,” ujarnya.

Pihaknya juga bekerjasama dengan masyarakat maupun pihak swasta yang akan menyalurkan bantuan bagi warga terdampak” Kita juga bekerjasama dengan kelompok-kelompok masyarakat yang akan menyalurkan bantuannya,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Penuhi Kebutuhan Industri, PLN Kaltimra Percepat Pembangunan Transmisi Sangatta - Maloy - Kaltara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.