Home / IniADV-DPRD Balikpapan / Abdulloh Bantah Gubernur Tolak APBD Perubahan 2018 Balikpapan
Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh

Abdulloh Bantah Gubernur Tolak APBD Perubahan 2018 Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD dan pemerintah Balikpapan terus berkoordinasi dan komunikasi dengan kantor gubernur Kaltim sehubungan dengan persetujuan pengesahan APBD Perubahan 2018.

APBD Perubahan 2018 Kota Balikpapan ditetapkan bersama pada 1 Oktober 2018 lalu dalam rapat paripurna DPRD Mengenai pandangan akhir fraksi-fraksi sekaligus berita acara persetujuan bersama DPRD dan Pemkot Balikpapan

Namun penetapan bersama itu melebihi batas waktu yang ditolerir Peraturan Kementerian dalam Negeri 33 tahun 2017 mengenai pedoman penyusunan APBD dan APBD P bahwa pengesahan bersama APBD Perubahan dilakukan akhir 31 September.

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh membantah gubernur Kaltim menolak memberikan evaluasi karena keterlambatan pengesahan.

” Kami lagi menunggu evaluasi gubernur setelah itu kita tetapkan. Kalau sudah ditetapkan baru APBD murni kita bahas kembali tapi secara umum sudah tinggal poin-point,” katanya usai memimpin rapat Paripurna DPRD (16/10/2018).

Ngak ada salah itu. Gubernur welcome kok. Bukan terlambat itu kan 29-30 September kan hari Sabtu Minggu maka kita sudah sepakat dihari Jumatnya,” tandasnya.

Abdulloh sempat mengumpulkan anggota secara tertutup usai rapat paripurna. Ditanya kembali soal pertemuan tertutup membahas soal kabar penolakan gubernur,

” tadi bahas mau ajak makan- makan diatas ( rumah jabatan),” kilahnya sambil tersenyum.

Diketahui APBD Perubahan 2018 ditetapkan Rp2,2 triliun. Sejak Senin hingga Kamis l(25 – 27/9/2018) DPRD dan Pemkot membahas secara maraton dalam pembahasan paripurna DPRD.P

Senin 25 September Rapat Paripurna DPRD membahas pandangan umum fraksi-fraksi mengenai nota APBD Perubahan 2018.

Dengan sisa waktu kerja yang singkat ini, membuat pembahasan APBD Perubahan terus dikebut. Apalagi pekan depan DPRD dan Pemkot mengagendakan pembahasan APBD 2019.

Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Sabaruddin Panrecalle mengatakan, idealnya, penetapan APBD perubahan dilakukan sekitar Juli-Agustus. Sehingga, jangka waktu realisasinya masih cukup panjang.

“Idealnya begitu. Seharusnya Juli itu sudah ada kesepakatan bersama-sama. Supaya spare waktunya itu panjang,” ujarnya.

Pembahasan APBD Perubahan tahun 2018 ini diakui agak terlambat terlambat. Semua dikarenakan alotnya pembahasan dalam merancang APBD Perubahan antara Pemkot dan DPRD.

“Seharusnya dari jauh-jauh hari penetapan dilakukan. Saat ini pembahasan terus kita kebut. Kalau misalnya APBD Perubahan disahkan September ini, eksekusi di lapangan hanya sekitar satu bulan. Paling lambat sebelum 15 Desember sudah pelaporan semuanya,” tandasnya.

Rencananya pengesahan APBD Perubahan pada Kamis 27 September ditunda ke hari Senin atau 1 Oktober 2018.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Update 10 Juli 2020 : Bertambah 19 Kasus Positif Covid-19 di Kaltim, 1 Meninggal

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Kasus terkonfirmasi positif covid-19 masih terus bertambah hingga hari ini. Laporan Dinas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.