Home / IniEKONOMI / Akses ke IKN Didukung Tiga Tol

Akses ke IKN Didukung Tiga Tol

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyebutkan ada tiga akses menuju kawasan IKN yang kini sedang dikembangkan pemerintah bersama BPJT yakni simpang susun Samnboja kilometer 38, Akses simpang susun Karang Joang dan akses jalan tol trans Kalimantan lintas selatan.

“ Tiga akses ini diharapkan bisa meningkatkan konektivitas ke ibu kota negara yang kemudian meningkatkan daya tarik seluruh kawasan Kalimantan Timur,” kata Kepala BPJT Danang Parikesit usai menghadiri peresmian jalan tol Balikpapan-Samarinda oleh Presiden Jokowi, Selasa siang (17/12/2019).

Dia menyatakan dengan adanya jalan tol ini makin menguatkan posisi Kaltim sebagai IKN yang baru yakni sebagai pusat pemerintahan dan pusat bisnis.

Apalagi, provinsi Kaltim juga sudah didukung akses pelabuhan penting seperti Smarinda, Palaran, dan Balikpapan dengan dukungan bandara Sepinggan Balikpapan dan APT Pranoto.

“itu jadi satu jaringan dengan jalan tol ini, terus ada infrastruktur besar bandara Sepinggan dan Pranoto,” tuturnya.

Saat ini pihaknya masih melakukan studi kelayakan untuk akses jalan yag akan dibangun kembali seperti tol Samboja –IKN yang diharapkan tahun 2020 sudah mulai dilakukan pembangunan.

“Total ada tiga ruas tol yang akan dukung IKN. Disamping ada rencananya kita tol Samarinda-Bontang kita lanjutkan,” ujarnya.

Untuk tol Samboja –Sepaku atau kawasan IKN diperkirakan jika dibangun jalan tol panjang hanya sekitar 30 kilometer. “Kalau tol Balikpapan-Samarinda itu kan seksi 5, 1, 2,3,4 inikan (dikerjakan) Jasa Marga Balikpapan Samarinda, kita akan berikan perubahan lingkup dari Samboja ke Sepaku,”katanya.

Dengan kebutuhan dana pembangunan tol Samboja –Sepaku yakni Rp160-200 miliar perkm. “Itu kalau kita liat tiang pancang semua, melayang jadi harga tidak murah juga. Kita perkirakan 160-200 miliar perkilometer. FS tahun depan selesai langsung tender,” tambahnya.

“Kalau bicara kontruksinya 2 tahun, kalau kita pilah-pilah dengan berbagai kontraktor yang ada mungkin dua tahun,” tukasnya.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Lawan Madura United, Nuriddin Davronov Bisa Dimainkan

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Menjelang keberangkan menuju Madura pada Rabu (30/09), para pemain dalam kondisi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.