Kadis UMKM, Korporasi dan Perindustrian Balikpapan Adwar Skenda Putra

Anggaran Panwascam di Balikpapan Terancam Terhambat, Gegara Ini

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pelantikan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se Kota Balikpapan yang baru dilantik terancam bekerja tanpa anggaran.

Pemerintah Kota Balikpapan belum menerima pengajuan anggaran yang diajukan oleh Bawaslu Kota Balikpapan. Sehingga tidak bisa dialokasikan dalam penyusunan APBD Murni Kota Balikpapan Tahun 2023.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra  mengatakan, seharusnya pengajuan anggaran tersebut telah diajukan sebelum bulan Mei 2022. Sehingga dapat diakomodir dalam pembahasan APBD Murni Kota Balikpapan Tahun 2023.

“Panwas itu kemarin usulannya terlambat, jadi nanti akan dibicarakan dulu oleh tim TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah),” ujar Adwar Skenda Putra saat  diwawancarai media, Jumat (28/10/2022).

Ia menjelaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan TAPD untuk membahas kondisi ini. Sehingga Panwascam yang baru dilantik dapat bekerja maksimal.

Meski terancam bekerja tanpa dukungan anggaran, ia menyebutkan bahwa kondisi tersebut tidak akan menghambat proses tahapan persiapan Pemilu di Kota Balikpapan.

Karena pada dasarnya, tahapan Pemilu 2024 baru dimulai pelaksanaan pada September 2023 mendatang.

“Seharusnya dia sudah mengajukan sebelum 31 Mei kemarin oleh pengurus yang lama, supaya bisa masuk anggarannya di tahun 2023. Tapi kan mereka tetap bisa jalan meskipun anggarannya masih tahun depan baru diajukan karena tahapan Pemilu juga baru dimulai September 2023,” tuturnya.

Sebelumnya, Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Balikpapan dilantik dan diambil sumpah di hotel Platinum pada Kamis (27/10/2022).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dalam sambutannya yang dibacakan Kabag Pemerintahan Kota Balikpapan Sayid Muhdar menyampaikan selamat bagi yang dilantik.

“Saya mengucapkan selamat kepada saudara-saudara yang hari ini dilantik sebagai anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Balikpapan, dengan harapan saudara dapat bekerja dengan baik dan amanah, menjadi bagian dari suksesnya penyelenggaraan pemilu tahun 2024 mendatang,” ujarnya.

Baca juga ini :  Tak Terima Permenaker JHT, Bisa Ajukan Yudisial Review

Dia mengatakan, dengan semakin meningkatnya kedewasaan politik masyarakat, maka diharapkan pelaksanaan pemilu akan bisa terlaksana dengan aman dan sukses.

“Tentunya dibutuhkan komitmen tidak hanya dari Pemerintah Daerah, KPU, Panwaslu, Panwascam, serta aparat penegak hukum semata, peserta pemilu bersama tim sukses, serta seluruh komponen masyarakat,” katanya.

Dia menjelaskan, semua pihak harus memiliki komitmen dan kesadaran politik yang tinggi untuk berpartisipasi, mendukung dan mematuhi segala ketentuan yang berlaku agar kompetisi ini dapat berlangsung secara demokratis, jujur dan adil.

“Sejalan dengan itu saya mengajak seluruh masyarakat balikpapan untuk ikut mensukseskan pelaksanaan pemilu. Kita harapkan penyelenggaraan pesta  demokrasi akan berjalan lancar, tertib dan aman,” ujarnya.

“Kita punya keinginan yang sama dan akan mendukung keberadaan panwaslu tugas pengawasan pelaksanaan pemilu merupakan tugas mulia sekaligus memikul tanggung jawab yang berat,”

Karenanya Panwas kecamatan sebagai bagian dari lembaga resmi pengawas pemilu benar-benar diuji untuk mengawal pelaksanaan demokrasi untuk terciptanya pemilu yang  berkualitas dan bermartabat.

“Semoga dengan terwujudnya pemilu yang berkualitas dan bermartabat dapat dihasilkan kepemimpinan nasional dan juga wakil rakyat yang dapat melaksanakan tugas dan fungsinya memimpin pembangunan bangsa ini menjadi semakin maju.”harapnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.