Anggota Dewas Perumda Tirta Manuntung Terpilih Siapkan Lima Strategi

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Setelah ditetapkan sebagai anggota dewan pengawas (Dewas)  Perumda Tirta Manuntung, ada beberapa stategi pengawasan dan pengembangan yang akan dilakukan salah satu anggota Dewas yakni Drs Rusdhe A.Ganie.

Rusdhe Ganie mengatakan, sebelum menentukan strategi dalam pengawasan perlu diperhatikan kondisi dan kendala yang dihadapi saat ini, seperti keterbatasan sumber air baku, kualitas produksi dan distribusi yang tidak stabil, pemanfaatan dan ketersedian sumber daya energi listrik, tingkat kebocoran pipa, keterbatasan utilitas umum.

“Termasuk topografi Kota Balikpapan 80 persen perbukitan dan penyertaan modal pemerintah kota ke tirta manuntung,” ujar Rusdhie Ganie, Selasa (7/6/2022).

Setelah menemukan kondisi dan kendala yang dialami Perumda Tirta Manuntung pihaknya sudah menyiapkan visi dan misi yang dituangkan dalam lima langkah strategis penangnannya yakni:

Pertama pengawasan managemen sumber daya manusia yang didalamnya menyangkut menerapka  key performance indikator direksi sebagai tolak ukur kinerja, mendukung program direksi dan pengembangan SDM, dan meningkatkan kinerja semua bagian. 

Kedua pengawasan managemen keuangan yang didalamnya meliputi memeriksa dan menyampaikan rencana strategi bisnis, meminitoring penggunaan anggaran, mengingatkan kepada direksi sumbangsih Perumda dalan mendukung PAD bagi Kota Balikpapan, serta memastikan bahwa direksi melaksanakan pemeriksaan keuangan melalui audit KAP, BPKP, BPK. 

Ketiga pengawasan management mutu yang didalamnya meliputi pengawasan dalam menjaga stabilitas kinerja direksi melalui standar management mutu dan membuat standar SOP dan melaksanakan sistem yang ada di tirta manuntung Balikpapan. 

Keempat pengawasan dalam pengembangan teknik melalui mendukung direksi dalam pengembangan sistem IT yang terintegrasi antara proses produksi, distribusi, pelayanan dan data pelanggan, mengarahkan direksi untuk selalu memperhatikan enam langkah dalam pengelolaan tirta manuntung yaitu, optimalisasi, rehabilitasi, pengembangan, pelayanan, non teknis, air limbah. 

Baca juga ini :  Pagi Ini TNI Gelar Vaksinasi Massal di Lapangan Sudirman Balikpapan

Terakhir yang kelima kepastian hukum melalui mengawal dan menjembatani dalam usulan payung hukum yang jelas untuk menjalankan seluruh sistem di Perumda Tirta Manuntung Balikpapan. 

“Harapannya tirta manuntung Balikpapan dapat melayani masyarakat nonstop 24 jam, nonstop produksi dan nonstop distribusi,” harapnya. 

Sementara itu, jumlah pelanggan Perumda Tirta Manuntung hingga 2021 lalu sebanyak 111.394 sambungan rumah, dengan cakupan pelayanan 78 persen, kapasitas produksi 1.510 liter perdetik, dengan panjang perpipaan 1.669.295 meter. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.