Anugerah Layanan Investasi, DPMPTSP Balikpapan Raih Peringkat 8 Nasional

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Balikpapan kembali meraih prestasi dalam pelayanan investasi. DPMPTSP Kota Balikpapan meraih peringkat 8 nasional  terkait dengan penilaian kerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan percepatan pelaksanaan berusaha.

Perestasi tersebut dianugerahkan dalam wujud penghargaan Anugerah Layanan Investasi (ALI) tahun 2022 yang digelar oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi  Penanaman Modal (BKPM) di Grand Ballroom Fairmont Hotel  Jakarta, Rabu (12/10/2022) lalu.

Penghargaan diserahkan oleh Wapres RI KH Ma’ruf Amin kepada Kepala DPMPTSP Kota Balikpapan Budi Liliyono didampingi  Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Kepala DPMPTSP Kota Balikpapan Boedi Liliyono mengatakan, penghargaan ALI 2022 yang  diterimanya menjadi pemacu semangat untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat. Utamanya terkait dengan investasi sehingga iklim investasi di Kota Balikpapan semakin maju dan semakin banyak lagi investor masuk ke Kota Balikpapan. 

“Apalagi Balikpapan menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN), diharapkan iklim investasi semakin baik dan semakin bertambah investor yang menanam modal untuk berusaha di Balikpapan,” ujar Boedi Liliono saat dikonfirmasi media, Kamis (20/12/2023)

Adapun pemenang penghargaan ALI untuk masing-masing kategori yaitu Kementerian Perhubungan yang diterima langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pemerintah Kabupaten Gresik, dan Pemerintah Kota Tangerang.

Selain itu, penghargaan ALI ini juga diberikan kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Kabupaten Biak Numfor, dan Kota Kupang sebagai pemenang untuk kategori khusus kawasan Timur Indonesia.

Investasi menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia karena tidak hanya menciptakan lapangan kerja namun juga mendorong penerapan demokrasi ekonomi. Tantangan perekonomian global semakin membayangi di tengah upaya pemulihan ekonomi nasional. Untuk itu, diperlukan adanya langkah bersama dalam pemulihan ekonomi nasional melalui perumusan strategi dan kebijakan investasi di Indonesia.

Baca juga ini :  AHY Sambangi Kemenkumham, Bawa Dokumen Lengkap Partai Demokrat

“Saya mendorong Bapak/Ibu untuk fokus kepada beberapa strategi dan kebijakan investasi yang menopang tujuan pemulihan ekonomi nasional. Pertama, segera tuntaskan berbagai masalah kelembagaan dan regulasi yang menghambat. Saya minta Kementerian Investasi/BKPM memastikan setiap daerah berkonsentrasi pada sektor prioritas yang menjadi keunggulan masing-masing,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada acara Anugerah Layanan Investasi Tahun 2022, di Grand Ballroom Hotel Fairmont, Jalan Asia Afrika No. 8 Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022).

“Arahkan sektor-sektor dari setiap daerah tersebut untuk mendukung target hilirisasi ekonomi,” imbuhnya.

Selanjutnya, Wapres meminta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dan Kementerian Investasi, serta pemerintah daerah agar membuat peta potensi investasi daerah yang dipandang penting sebagai panduan teknis informasi dan promosi bagi para investor.

“Kedua, buat peta potensi investasi daerah yang komprehensif. Peta potensi ini penting sebagai panduan teknis, informasi, dan promosi bagi para investor,” terang Wapres.

Kemudian, Wapres juga menekankan pentingnya memperkuat kelembagaan dan tata kelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sebagai garda terdepan dan motor penggerak kemudahan di daerah melalui pemberian izin yang transparan, mudah, dan cepat.

“Ketiga, penguatan komitmen memberikan pelayanan terbaik untuk investasi. Saya berharap gubernur/bupati/wali kota mendukung penguatan kelembagaan, SDM, dan tata kelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP),” imbaunya.

Terakhir, Wapres mengharapkan adanya pemerataan investasi di seluruh lapisan masyarakat sebagai kunci pencapaian kemakmuran bangsa Indonesia.

Keempat, investasi harus dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, semua wilayah, dan melibatkan pekerja lokal,” pesannya.

Menutup sambutannya, Wapres memberikan apresiasi kepada Kementerian Investasi/BKPM yang berusaha mewujudkan keseimbangan nilai investasi di seluruh daerah di Indonesia.

Baca juga ini :  Banyak Minimarket Beroperasi Tak Kantongi Ijin di Balikpapan

“Saya bahagia karena Kementerian Investasi/BKPM telah berjuang mewujudkan keseimbangan nilai investasi antara investasi asing dan domestik, Jawa dan Luar Jawa, kolaborasi usaha besar dan UMKM, dan keterlibatan tenaga kerja lokal dari setiap investasi yang dilakukan,” pungkas Wapres.

Sebelumnya, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah memberikan kontribusi dalam penyelenggaraan Anugerah Layanan Investasi Tahun 2022.

“Saya berterima kasih kepada Bapak/Ibu Gubernur, Bapak/Ibu Wali Kota, Bupati, dan seluruh Kepala Dinas DPMPTSP, dan lebih khusus kepada Menteri-Menteri yang sudah membantu,” ucap Bahlil.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.