Kadis Perdagangan Kota Balikpapan Arzaedi Rachman

Arzaedi: UMKM Balikpapan Miliki Potensi untuk Ekspor

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Balikpapan yakni dengan cara memberikan pelatihan edukasi. 

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Balikpapan, Arzaedi Rachman berharap para pelaku UMKM di Balikpapan dapat bangkit dan bisa naik kelas atau go internasional. Karena UMKM yang saat ini ada sangat berpotensi untuk melakukan ekspor kedepannya.

“Jadi karena ekspor ini merupakan salah satu devisa negara juga, dimana memang secara disiplin perekonomian itu adalah UMKM. Dua dasawarsa mengalami krisis moneter UMKM selalu bertahan. Disinilah keunggulan UMKM,” ujar Arzaedi Rachman kepada media, Rabu (8/12/2021).

Arzaedi merencanakan kedepan akan melakukan mengumpulkan data UMKM di Kota Balikpapan, untuk menguatkan ekspor UMKM agar kontinitas ekspor ini bisa terjaga secara produksi begitu juga kuantitas dan kualitas bisa terlaksana.

“Jangan sampai negara tujuan membutuhkan kami tidak mampu sehingga kami harus memperkuat ekspor UMKM dengan melakukan  perumpunan,” terangnya.

Adapun produk UMKM yang rencananya akan diekspor diantaranya produk makanan, produk laut, kerajinan tangan kulit termasuk produk bawang putih.

“UMKM ini peluang pasar yang kami akan bantu,” paparnya.

Arzaedi menambahkan, apabila pemerintah harus bisa membantu peluang pasar termasuk perijinan ekspor bagi para pelaku usaha UMKM supaya bisa dikenal di kanca internasional.

“UMKM kami bisa go internasional memperluas pasar, artinya kebutuhan UMKM untuk melakukan ekspor itu  bisa teratasi dengan berbagai macam kepentingan didalam pembentukan tim klinik ekspor yang akan dibentuk oleh Wali Kota Balikpapan nantinya,” tuturnya.

Saat ini pihaknya sedang mempersiapkan pembentukan itu dan rencananya akan dilaunching pada saat Hari Ulang Tahun Kota Balikpapan yang didukung oleh Kementerian. “Semoga ini berjalan lancar. Ini semata-mata untuk kepentingan UMKM bangkit atau naik kelas,” tutupnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.