ASN  Balikpapan Ikuti Seminar Aktualisasi Nilai Pancasila

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan mengikuti seminar bertema “Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Lingkungan ASN Kota Balikpapan”, Kamis (20/10/2022) di Aula Balaikota Balikpapan. 

Kegiatan dibuka langsung Penjabat Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin, mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud.

Dalam pembacaan sambutan Wali Kota. Muhaimin menyampaikan, bahwa pihaknya menyambut baik dilaksanakannya seminar ini. Karena kegiatan semacam ini dapat memperluas wawasan semua pihak di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

“Terutama para ASN sebagai salah satu komponen bangsa yang memiliki peran penting dalam pembangunan peradaban. Oleh sebab itu kewajiban kita untuk dapat menanamkan dan menguatkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

ASN adalah penggerak pembangunan. Yang mana pelaksanaan pembangunan ini berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Sehingga penting untuk selalu memahami dan memedomani Pancasila. “Serta melestarikannya sebagai ideologi, bangsa” tuturnya.

Penguatan nilai-nilai Pancasila oleh ASN termakatub dalam undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN. “ASN berkewajiban untuk setia pada Pancasila dan undang-undang dasar 1945. Aturan lain yang mengatur hal tersebut yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS. Juga Peraturan Pemerintah nomor 42 tahun 2004 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik PNS.

“ASN juga dituntut untuk berperilaku dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai instrumen bangsa. Ya itu sebagai wujud implementasi nilai-nilai Pancasila, ASN hendaknya memiliki kesadaran untuk selalu mengembangkan potensi dirinya, meningkatkan kompetensinya. Sehingga mampu melahirkan inovasi-inovasi,” tuturnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Rima Agristina; Direktur Evaluasi BPIP, Edi Subowo, juga tim BPIP. Kemudian dari Pemerintah Kota Balikpapan hadir Staf Ahli Bidang Perekonomian Doortje Marpaung; Kepala Kesbangpol, Adwar Skenda Putra dan lainnya.

Baca juga ini :  Hotel Gran Senyiur Buka Puasa Dengan Patner dan Media

Sementara, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Rima Agristina menyampaikan terimakasih kepada Wali Kota Balikpapan dan jajaran yang berkenan menerima tim BPIP untuk melaksanakan kegiatan seminar ini.

“Kita menyadari peran dari aparatur sipil negara. Begitu banyak tantangan yang kita hadapi, bukan hanya oleh Indonesia, tapi juga seluruh negara di dunia. Setelah bersama menghadapi pandemik COVID-19, saat ini kita harus bangkit dari masa pandemik,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Lingkungan ASN Kota Balikpapan ini, ia mengharapkan, para ASN Kota Balikpapan, khususnya, dapat menguatkan diri, gotong royong dan kerja produktif yang saat ini sangat dibutuhkan masyarakat.

“Karena bahkan Indonesia diharapkan masyarakat dunia untuk membantu berbagai kesulitan yang dialami masyarakat dunia,” ujarnya.

Menurutnya ASN menjadi penggerak utama di masyarakat untuk menyatukan saudara sebangsa dan setelah air. “Bukan mengangkat perbedaan pandangan. Tapi perbedaan pandangan ini jadi diskusi yang indah untuk mempererat sinergi langkah kita. Kerja nyata kerja produktif, pembangunan Indonesia yang lebih produktif dan hebat,” tutupnya. 

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.