Home / iniHL / Badan Pencarian dan Pertolongan Kaltimra Bentuk Posko Siaga Natura

Badan Pencarian dan Pertolongan Kaltimra Bentuk Posko Siaga Natura

BALIKPAPAN,  Inibalikpapan.com –Untuk keamanan dan kenyaman masyarakat pemudik pada liburan Natal dan Tahun Baru 2017-2018, Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (BPP) mendirikan posko siaga pengamanan bekerjasama dengan instansi lainnya hingga otoritas bandara dan pelabuhan.
Posko dibuka mulai hari ini (20/12) hingga 1 Januari 2018. BPP melakukan pemaparan kesiapsiagaan menghadapi Nataru, di Kantor BPP, Rabu (20/12/2017).
Kepala BPP Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltimra), Gusti Anwar mengatakan potensi bahaya atau musibah tidak hanya terjadi di daratan saja melainkan juga di kawasan perairan. Mengingat jalur transportasi di Kaltimra juga bisa dilewati melalui perairan.
“Kami ada di kawasan bandara seperti bandara Sepinggan Balikpapan dan bandara Juwata Tarakan. Kalau pelabuhan ada di Semayang Balikpapan dan Tengkayu yang juga di Tarakan,” katanya.
“Laporkan jika menemukan yang membahayakan bagi manusia baik di perairan maupun darat. Kami siap siaga melakukan pertolongan,” sambungnya.
Anwar mengapresiasi kerjasama yang terjalin selama ini dengan seluruh stakeholder.Jumlah musibah pun menurun jika dibandingkan pada 2016 yang mencapai 70 kejadian.
Gusti menyebutkan data Kantor BPP Kaltimra, data musibah ditangani hingga November 2017 mencapai 17 kejadian dengan jumlah korban 213 jiwa diantaranya korban selamat 178 jiwa, meninggal 30 jiwa dan hilang 5 jiwa.
Pihaknya juga memastikan penjagaan kawasan pesisir  pantai yang juga akan menjadi salah satu pusat keramaian masyarakat.
Lanjutnya lebih dari 10 personel melakukan patroli di kawasan pantai mulai dari Lamaru dan Manggar di kota Balikpapan, kawasan Tepian di Samarinda dan pantai Amal Sangata di Kutai Timur.
“Ya Kami juga pantau lokasi wisata dimana kawasan keramaian. Untuk berjaga-jaga di posko yang telah didirikan bersama,” pungkasnya.

Comments

comments

About rahma danty

Check Also

Tahapan Pilkada Dimulai, KPU Balikpapan Langsung Lantik PPS

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Tahapan pilkada serentak dipastikan akan mulai bergulir pada 15 Juni 2020. Pelantikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.