Dortje Marpaung menghadiri Ulang Tahun Bajadul

Bajadul Diminta Ikut Promosikan Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Memperingati HUT ke-1 Komunitas Balikpapan Jaman Dulu (Bajadul) menggelar kegiatan di rumah Dahor pada Sabtu (10/04). Mereka memberikan penghargaan kepada masyarakat yang berjasa bagi Kota Balikpapan

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan Dortje Marpaung mengatakan, Bajadul mereupakan komunitas yang mencoba mengingatkan kembali, tentang kebiasaan, kuliner, gaya bahasa hingga tradisi masyarakat Balikpapan tempo dulu.

“Bajadul itu kan komunitas, jadi mereka di Bajadul itu ingin semacam membangkitkan lagi kenangan-kenanganan dulu, misalnya ada taxi jamban (kayu), kemudian tadi ada display makana-makanan Balikpapan jaman dulu,” ujar Dortje.

“Ingin mengingatkan lagi masyarakat bahwa Balikpapan jaman dulu itu bagus untuk dikenang, kulinernya, sarana transportasi dan lainnya,”

Dortje pun meminta Bajadul ikut mempromosikan Balikpapan. Mengingat Bajadul kini sudah sangat dikenal, meski usianya baru setahun. Bukan hanya di Indonesia tapi hingga keluar negeri. Karena sangat aktif di media social dan punya banyak pengikuti.

“Sekalian saya minta mereka promosikan Balikpapan. Kita apresiasi Bajadul itu, kita minta ikut mempromosikan Balikpapan,” ujarnya.

“Komunitas Bajadul itu bukan hanya di Balikpapan, tapi mendunia itu penjelasan Pak Benhur (Ketua Bajadul. Itu masyarakat Balikpapan yang stay diluar, tidak hanya secara manual, aktif melalui media social sekarang sudah dikenal,”

Rumah Dahor yang menjadi tempat digelarnya HUT Bajadul, telah ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya. Rumah Dahor dulu merupakan rumah pejabat Pertamina terletak di Balikpapan Barat, rumah tersebut rumah panggung.

“Umurnya sudah lebih dari 50 tahun, kemudian ada sejarahnya. Rumah kolong begini sudah gak umum lagi. Jadi kenang-kenangan orang kesini juga,” ujarnya.

Baca juga ini :  Meski Libur, Dukcapil Kutai Kertanegara Tetap Layani Administrasi Kependudukkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.