Bakti Sosial di Lapas Balikpapan, Berbagai Kegiatan Dilaksanakan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Fakultas Kedokteran bersama dengan Pemkot Balikpapan, BKKBN, Kesehatan TNI Angkatan Darat, dan Kementerian Hukum dan HAM melaksanakan kegiatan Bakti Sosial di Lapas Kelas IIA Kota Balikpapan, pada Sabtu (5/2/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud turut hadir didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan,  Andi Sri Juliarty. Selain kegiatan bakti sosial juga akan dilaksanakan penandatanganan kerja sama Pemkot Balikpapan melalui Palang Merah Indonesia dengan Lapas Kelas IIA Balikpapan. 

“Kami atas nama Pemkot Balikpapan tentunya memberikan apresiasi kegiatan bakto sosial yang dilakukan beberapa  teman- teman dari TNI, Kagama Kedokteran, BKKBN ini merupakan bantuan kepada Lapas dalam kegiatan sosial,” ujar Rahmad Mas’ud kepada media, Sabtu (5/1/2022).

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan, sesuai arahan dari pusat untuk melaksanakan bakti sosial yang merupakan kolaborasi dari Kagama Kedokteran, baik kedokteran umum, gigi, kesehatan masyarakat dari Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan Kesehatan TNI Angkatan Darat, BKKBN, Kementerian Hukum dan HAM serentak hari ini di 30 provinsi dan 38 Lapas.

“Kami bergerak untuk melakukan bakti sosial dan memberikan berbagai jenis pelayanan,” ujar Andi Sri Juliarty. 

Dio biasa Andi Sri Juliarti disapa menambahkan, adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam bakti sosial yakni pengobatan massal, pemberian obat- obatan, pemeriksaan laboratorium, kesehatan gigi, vaksinasi dan penyuluhan kesehatan jiwa.

“Kemudian ada kegiatan tambahan di Balikpapan kita membuat perjanjian kerja sama untuk donor darah, secara rutin PMI akan kesini untuk donor darah,” kata Dio.

Apalagi ada peraturan baru dari Kementerian Hukum dan HAM bahwa warga binaan yang sehat dan lolos dalam proses skrining untuk donor darah bisa dipertimbangkan untuk dapat remisi. 

Baca juga ini :  Lanud Dhomber Siagakan 150 Personilnya untuk Pengamanan Pemilu

“Jadi dalam kerja sama kami juga memberikan obat-obatan, alat tes antigen dan pelayanan kesehatan gigi yang akan dilaksanakan sebulan sekali,” tutup Dio. 

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.