Balikpapan Open 10K Jadi Agenda Rutin, Munculkan Bibit Atlet Lari

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Kegiatan Balikpapan Open 10K yang masih dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 dilepas dari Lapangan Merdeka, pada Minggu (4/9/2022). 

Peserta dilepas langsunh oleh Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Dwijayanto Sarosa Putera, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.

Ribuan peserta dilepas sekira pukul 06.30 Wita dengan lokasi start Lapangan Merdeka. Peserta pertama yang berhasil menyentuh garis finish adalah Letda Inf Agus Prayogo, atlet lari jarak jauh asal Jawa Barat. Agus Prayogo berhasil menyelesaikan hingga garis finish yang juga di Lapangan Merdeka, dengan waktu tercepat 31 menit 39 detik.

Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Kementerian Pemuda dan Olahraga Dwijayanto Sarosa Putera mengungkapkan terimakasih atas terselenggaranya lomba lari tingkat nasional ini.

“Kegiatan ini sangat baik karena komitmen bapak wali kota untuk membugarkan masyarakatnya. Ini sesuai Perpres no 86 tahun 2019. Sesuai desain besar olahraga nasional (DBON). Kita harapkan di 2045, saat 100 tahun kemerdekaan Indonesia, 75 persen masyarakat kita sudah dalam keadaan bugar,” ungkap Dwijayanto Sarosa Putera kepada awak media disela-sela kegiatan, Minggu (4/9/2022).

la menuturkan, Balikpapan Open 10K adalah rangkaian Road to Haornas 2022. Dimana Balikpapan menjadi tuan rumah. Diharapkan 9 September nanti masyarakat Balikpapan terlibat hadir di Stadion Batakan untuk menghiri puncak Haornas ke-39.

“Kami dari Kemenpora mengapresiasi dan berterima kasih pada bapak wali dan jajaran yang sudah menyelenggarakan kegiatan Balikpapan Open 10K ini. Dan bisa dilihat pesertanya cukup banyak dan meriah,” ungkapnya.

Diharapkan ke depan ini bisa berlanjut jadi kegiatan rutin. “Juga diharapkan ada bibit-bibit unggul atlet lari, khusunya lari jarak menengah di Kota Balikpapan,” harapnya.

Baca juga ini :  Pemkot Jamin Lahan Pemakaman Covid Masih Cukup

Sementara, Wali Kota Balikpapan berharap ini dapat memotivasi seluruh warga Balikpapan. Apalagi yang hadir juga berasal dari berbagai daerah. 

“Tentunya menyemangatkan dan mengolahragakan masyarakat Balikpapan,” ungkap wali kota Rahmad Mas’ud.

Rahmad menambahkan, sekaligus upaya membangun antusias masyarakat jelang puncak haornas, melalui kegiatan ini jadi tonggak budaya cinta olahraga dikalangan masyarakat sehingga terbentuknya sumber daya manusia yang sehat dan produktif guna menjadi roda penggerak pembangunan.

“Kegiatab ini juga jadi ajang promosi pariwisata kota Balikpapan agar dikenal semakin luas, juga sangat resprentatif akomodasi mampu mendukung peran penyangga IKN nusantara,” akunya.

Sementara itu, Letda Inf Agus Prayogo, yang berhasil meraih finish pertama merupakan peserta dari kategori elit. la menyampaikan rasa bahagianya karena berhasil menjuarai Balikpapan Open 10K. Yang mana dirinya terakhir kali melalui rute yang sama sekira lima tahun lalu.

“Rute klasik, jalur steril, flat, dan cuaca pagi ini bersahabat. Walaupun kemarin diprediksi akan hujan, ternyata cuaca bersahabat. Sepanjangan rute antusias masyarakat juga luar biasa,” ungkapnya.

“Persiapan secara pribadi tentu ada, apalagi masih ada even internasional akhir tahun, sehingga even ini menjadi persiapan menuju even selanjutnya, saingan tadi ada dari para junior-junior seperti Syamsudin Masa dari Sulsel dan ada pelari dari Sumatera Utara,” pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.