Penandatangan kerjasama

Bapas Kelas II Balikpapan Kembali Gandeng Sejumlah Pokmas Lipas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Balikpapan kermbali mengandeng sejumlah  Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas).

Penanadatangan kerjasama tersebut dilakukan di Aula Bapas kelas II Balikpapan pada Kamis (17/02/2022).  Kerjasama tersebut, dalam rangka meningkatkan sinergitas dan pelayanan .

“Ini merupakan kolaborasi bersama untuk menggapai suatu perubahan dalam hal segi pelayanan terutama untuk klien Bapas kelas II Balikpapan,” ujar Kepala Bapas Kelas II B Balikpapan Budi Purwadi.

Sebelumnya, juga dilakukan kerjasama dengan sejumlah Pokmas Lipas selama tiga tahun, namun telah berakhir. Sehingga kemudian diperpanjang lagi kerjasama tersebut.  

Kerjasama kali ini mengandeng  Yayasan Sekata Balikpapan, LBH Sikap, HIMPSI Kaltim,  Cinta Laoundry, Forkomnapas, SMKN 4 Balikpapan dan  PT. Rumah Kutai Perencana.

Menurutnya,  kedepan tak menutup kemungkinan akan mengandeng Pokmas Lioas lainnya.  Kerjasama s dalam hal perubahan ekonomi sehingga kerjasama ini dia anggap sangat bermanfaat.

Kerjasama  tidak ada kriteria khusus yang dipersyaratkan. Hanya diharapkan adalah adanya  kepedulian suatu kelompok masyarakat yang notabenenya  peduli dengan pemasyarakatan.

“Dalam arti kata pemasyarakatan adalah mereka yang dibimbing oleh Bapas, yang awalnya berada di Lapas sebagai warga binaan Pemasyarakatan, itulah yang kita harapkan dapat bimbingan Pokmas Lipas,” ujarnya

Budi menambahkan, orientasi ini  diberikan kepada klien yang sudah mendapatkan integrasi dari Lapas yang berupa asimilasi di rumah,  lokasi bersyarat, dan cuti bersyarat.

Dengan pengawasan Bapas, klien diberikan bekal kemandirian, pelatihan dan ketrampilan dari Pokmas Lipas untuk memperbaiki diri dari segi kebutuhan hidup, segi ekonomi, dan perilaku klien.

“Paling tidak, adanya kerjasama ini dapat membantu merubah paradigma masyarakat untuk memberikan bekal mata pencaharian klien,” ujarnya

“Ini tugas kami, tanggung jawab kami, yang sedikit banyak bisa membantu klien, contohnya kerjasama bersama cinta loundry , pelatihan dan kemandirian telah diberikan dan hasilnya terbukti.”

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.