BALIKPAPAN,  Inibalikpapan.com – Sebanyak 480 siswa/siswi SD Kemala Bhayangkari, Balikpapan mengikuti  Wayang Day yang diselenggarakan . PT Bank Central Asia Tbk (BCA), di Halaman kantor BCA Balikpapan, Pasar Baru, Rabu (2/10/2019).

Wayang Day merupakan even buday dalam hal pelestarian budaya wayang yang merupakan kesenian asli Indonesia.

Dala hal mempertahankan eksistensi kebudayaan tersebut, CSR Bakti BCA menyelenggarakan acara Wayang Day, sebagai wujud program Bakti Budaya sebagai wujud kontribusi CSR BCA terhadap kesenian wayang.

Wayang Day dibuka Kepala KCU BCA Balikpapan Eduard Hans Winarko, dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan Muhaimin, Kepala Sekolah SD Kemala Bhayangkari Baharuddin.

KEpala KCU BCA Balikpapan Eduard Hans Winarko menjelaskan pagelaran Wayang Day ini salah satunya bertujuan untuk mengenalkan wayang sebagai seni budaya peninggalan nenek moyang kepada generasi usia dini di kalangan pelajar SD, di tengah makin kencang arus penetrasi budaya asing.

“Kebudayaan wayang yang sarat akan nilai dan makna penting untuk dikenalkan secara mendalam kepada masyarakat terutama generasi penerus bangsa agar tidak tergerus oleh jaman. Kami meyakini bahwa wayang mampu membangkitkan semangat kebhinekaan dan nasionalisme dalam jiwa generasi muda,” jelas Eduard. 

Wayang telah menjadi salah satu dari delapan elemen budaya yang masuk Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO sejak tahun 2003. Hal ini yang mendorong, BCA sebagai institusi yang dekat dengan masyarakat untuk terus menerus mengenalkan wayang melalui beragam kegiatan dan program, salah satunya Wayang Day kali ini.

“Wayang Day ini kami gelar dengan harapan bahwa generasi anak muda dapat mengenal wayang sebagai kebudayaan asli Indonesia yang harus terus dilestarikan. Terlebih, anak-anak Indonesia sebagai penerus bangsa merupakan ujung tombak dalam peningkatan popularitas wayang dan pengembangannya di era modern saat ini,” tandasnya.

Ke depan, BCA akan berupaya untuk secara konsisten menyelenggarakan kegiatan wayang yang dibungkus dengan kegiatan fun sehingga timbul motivasi untuk mencintai budaya wayang.

Di acara Wayang Day kali ini, para peserta mengikuti rangkaian kegiatan seperti lomba menggambar dan mewarnai wayang untuk melatih kreativitas dan daya imajinasinya. Setelah itu, peserta akan disuguhkan dengan pertunjukan wayang yang atraktif. 

Selain kegiatan Wayang Day, BCA juga telah menyelenggarakan program lainnya seperti Wayang for Student. Wayang for Student sendiri telah digelar di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung dan Semarang. Wayang for Student menampilkan pagelaran dan pementasan wayang dari pelajar yang berasal dari beberapa sekolah di kota tertentu. 

Bagikan Ini:

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version