Belanja Jelang Lebaran Potensi Kerumunan, Satgas Dirikan Posko di Mal dan Pasar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Jelang lebaran, sejumlah lokasi berpotensi terjadinya kerumunan masyarakat untuk berbelanja seperti mall dan pasar.

Mulai Senin malam (3/05/2021) satgas akan mendirikan posko di mal-mal untuk menjaga dan mengingatkan pengelola agar menjalankan prokesnya. “Jangan sampai kejadian di pasar Tanah Abang dan mall yang memuncak. Itu poin penting kita jaga jangan sampai kasus di India terjadi disini,” ungkapnya dalam rilis covid kota, Senin sore (3/05/2021).

Menurut Rizal yang menjadi perhatian jelang lebaran saat orang datang beramai-ramai membeli pakaian di pusat perbelanjaan. “Kalau hari lebaran nggak ada masalah orang Cuma makan saja datang ke mal tidak belanja baju-baju lagi. Ini  lagi kita pikirkan sebelum lebaran ini apakah terus berlangsung atau ada waktu jeda,” tandasnya.

Sedangkan untuk pasar akan ditempatkan petugas di posko  dengan meminta kepala dinas perdagangan agar berkordinasi dengan UPT pasar menjaga protocol dan mengatur keluar masuk orang. “Agar tidak tabrakan dan tidak terlalu berkerumun. Pasar ini memang paling sulit kita karena terbatas pasarnya jadi harus betul diwaspadai hati-hati. Kita lagi siapkan SOPnya pasar,”ungkap Rizal.

Selain itu pelaksanaan salat idul fitri sudah diputuskan hanya di masjid atau musala. Bagi lansia dan anak-anak dianjurkan melakasanakan salat di rumah agar daya tamping masjid musala bisa tertangani.

“Pengarahan menteri Agama memang zona hijau bisa dilapanganan terbuka tapi anjuran sama dengan MUI sebaiknya salat idul fitri di rumah saja. Keputusan terakhir di satgas tapi kita putuskan bisa melaksanakan di masjid atau musala,” tukasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Pemprov Kaltim Bentuk Dua Badan Adhoc Terkait Lingkungan dan Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.