Berawal Dari Laporan Warga, Polda Kaltim Ungkap Tambang Ilegal di Kukar

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Ditreskrimsus Polda Kaltim berhasil mengungkap keberadaan tambang batu bara ilegal di Kelurahan Jonggon, Loa Kulu, Kutai Kertanegara (Kukar).

Direktur Reskrimsus Polda Kaltim, Kombes Pol Indra Lutrianto menerangkan, pengungkapan tambang seluas 20 hektare milik masyarakat tersebut berawal dari laporan warga.

“Kami mendapatkan laporan dari warga via hotline Kapolda Kaltim yang belum lama ini dirilis. Setelah mendapat informasi, tim kami langsung bergerak menuju lokasi pada Jumat (4/11/2022) kemarin,” ujar Indra, Senin (7/11/2022).

Di lokasi,pihaknya menyita tumpukan batu bara sebanyak kurang lebih 1.000 metrik ton, tiga unit alat berat dan 12 orang yang sedang bekerja. Dari 12 orang yang ada di lokasi tambang, ada yang berperan sebagai sopir dump truk hingga pengawas tambang ilegal.

“Dari belasan orang itu, ada dua orang pengawas kami tetapkan sebagai tersangka. Mereka adalah JC dan H. Sementara yang lain memang tidak tahu menahu dan hanya disuruh bekerja saja,” paparnya.

Dari JC dan H, Indra mengaku sudah mengantongi nama pemodal tambang ilegal tersebut.

“Ini masih kami dalami,” imbuhnya.

Sementara untuk kedua tersangka tersebut, pihaknya melayangkan Pasal 158 UU Minerba dengan ancaman pidana penjara 5 tahun dan denda Rp 100 miliar.

Comments

comments

Baca juga ini :  Pembangunan Rumah Warga Relokasi Gempa Cianjur Dimulai Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.