Andi M Ishak mengumumkan perkembangan terbaru virus corona

Bertambah 8 Kasus Positif Covid-19 di Kaltim dan 12 PDP

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kaltim bertambah 8 kasus. Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Andi M Ishak, Selasa (28/04) petang.

“Hari ini 28 April 2020 bertambah 8 kasus positif covid-19 sehingga total mmenjadi 115 kasus, sembuh 12 dan meninggal 1,” ujarnya.

Tambahan 8 kasus positif baru tersebut, yakni berasal dari Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) 1 kasus, Kota Balikpapan 1 kasus, Kota Samarinda 1 kasus, Kabupaten Berau 1 kasus dan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) 4 kasus.

“Dari PPU 1 kasus, PPU 15 wanita, 22 tahun merupakan kontak erat dengan klaster Gowa. Hasil rapid test reaktif (positif). 1 kasus dari Balikpapan, BPN 29 laki-laki 34 tahun pelaku perjalanan dari Jawa Barat,” ujarnya.

“1 kasus dari Samarinda, SMD 16, laki-laki 42 tahu pelaku perjalanan dari Gowa, hasil rapid test reaktif. 1 kasus dari berau BRU 8, laki 31 merupakan pelaku perjalanan dari Gowa dan hasil rapid test reaktif,”

“4 kasus dari Kutim, KTM 14 laki-laki 40 tahun, KTM 15 laki-laki 50 tahun, KTM 16 laki-laki 53 tahun, KTM 17 laki-laki 16 tahun, pelaku perjalanan dari Gowa dan hasil rapid test reaktif,”

Sementara untuk pasien dalam pengawasan (PDP) ada penambahan 12 kasus, sehingga total selurunya (kumulatif) 511 kasus. Kasus negatif hari ini ada penambahan 1 kasus dari PPU sehingga total negatif 216 kasus,” ujarnya.

Untuk penambahan kasus PDP yakni dari PPU yang telah meninggal saat dirawat di rumah sakit Samboja 16 April lalu. “1 kasu dari Berau, 6 kasus Kabupaten Kutai Kertangerara pelaku perjalanan dari Gowa, hasil rapid tes reaktif,” ujarnya

“Lalu 4 kasus dari Kutim, 3 kasus diantaranya yang terkonfirmasi positif hari ini. Kemudian 1 kasus juga dari PPU yakni kasus orang tanp[a gejala (OTG) dan terkonfirmasi positif hari ini,”

Baca juga ini :  Satgas Penanganan Covid-19 Gelar Operasi Protokol Kesehatan Secara Masif di Pasar Tradisional

Sedangkan penambahan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 970 kasus yang berasal dari Balikpapan. lonjakkan penambahan ODP ini sebenarnya dicatatan ODP selama ini oleh Puskesmas yang ada di Balikpapan yang belum dilaporkan,” ujarnya

“Ini yang terekap hari ini dan dilaporkan sehingga seoalah-olah terjadi peningkatan, sebenarnya ini kasus yang sudah berjalan selama ini dan baru dilaporkan,”

Sedangkan yang selesai pemantauan hingga saat ini sebanyak 655 kasus yang juga bagian dari kasus ODP dari Balikpapan yang baru dilaporkan. “dan yang masih dalam proses pemantauan hari ini masih 1.231 kasus,” ujarnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.